IFC - Bank Mayora Memperluas Pembiayaan UKM Sebesar US$22 Juta

International Bank Corporation (IFC) melakukan investasi melalui penyertaan modal lebih dari Rp290 miliar atau lebih dari US$22 juta di PT Bank Mayora untuk mendukung bank menengah ini memperluas pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia.

IMG_20150310_194906“Kami ingin segera melaksanakan rencana ekspansi ke sektor usaha kecil dan menegah serta keuangan mikro bersama IFC sebagai mitra kami," ujar Presiden Direktur PT Bank Mayora, Irfanto Oeij.

Ada sekitar 55 juta usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia dan mereka menyediakan sekitar 97% lapangan kerja serta menyumbang 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Namun, banyak diantara mereka yang masih kesulitan mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha mereka. Investasi IFC akan membantu Bank Mayora meningkatkan pinjaman untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan sekaligus memperkuat posisi Bank Mayora di sektor industri makanan dan barang-barang konsumsi.

“Investasi IFC akan meningkatkan modal inti kami menjadi lebih dari Rp1 triliun, sehingga kami bisa memberikan layanan perbankan yang jauh lebih beragam serta sekaligus meningkatkan daya saing kami di industri perbankan,” ungkapnya.

Strategi pertumbuhan Bank Mayora adalah menjangkau semakin banyak pemasok makanan dan sub-distributor yang termasuk di dalam jaringan rantai pasokan Mayora Grup yang jumlahnya sangat besar. Mereka yang memberikan akses ke 11.500 jaringan penjualan modern seperti minimarket dan supermarket, lebih dari 250 ribu toko grosir dan pengecer serta sekitar dua juta kios dan toko tradisional.

Country Manager IFC Indonesia, Sarvesh Suri, mengatakan, Bank Mayora adalah mitra IFC untuk memperluas akses pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah sehingga dapat meningkatkan pendapatan di kawasan pedesaan dan mendorong urbanisasi yang berkesinambungan di Indonesia.

“Partisipasi IFC sebagai pemegang saham minoritas akan membuka lembaran baru di dalam struktur permodalan Bank Mayora yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh keluarga Atmadja kepada institusi keuangan sebagai investor,” tutur Suri. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)