Ikea Rilis Katalog Baru 2016 Serentak di Dunia

Ikea, merek distributor funiture dari Swedia ini merilis katalog baru(1/9). Eliza Fazia yang merupakan Marketing Manager IKEA menjelaskan bahwa pada bulan September setiap tahunnya, perusahaan tersebut memang selalu merilis katalog baru dengan tema tertentu untuk diaplikasikan sepanjang tahun di setiap toko Ikea di dunia. Peluncuran katalog ini pun dilakukan secara serentak pada tanggal yang sama di seluruh dunia. Pada tahun ini, tema yang diusung oleh ikea dalam katalognya adalah seputar makanan. Mulai dari alat-alat rumah tangga yang berguna dalam proses penanaman sayur di rumah, memasak di dapur, sampai pembuangan sisa makanan, semuanya disajikan dalam katalog tersebut.

Eliza Fazia menjelaskan tentang katalog baru Ikea Eliza Fazia menjelaskan tentang katalog baru Ikea

“Tema ini kami angkat karena kami mengetahui bahwa kegiatan makan bisa menghadirkan kehangatan bagi keluarga, ada momen-momen istimewa bisa tercipta setiap hari sambil menikmati makanan di area favorit rumah untuk berkumpul, makan bersama, dan berbagi cerita dengan bebas," jelasnya. Dapur dan ruang keluarga bisa menjadi salah satu area untuk melakukan kegiatan bersama tersebut.

Selain menjelaskan tentang filosofi tema katalog Ikea untuk tahun 2016 tersebut,  Eliza juga menjelaskan tentang visi Ikea yang menjadi alasan di balik teraturnya peluncuran katalog mereka. Dia menjelaskan bahwa visi Ikea adalah menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi semua orang. Dengan adanya katalog, maka akan memudahkan tujuan ini tercapai karena pelanggan akan mampu melihat-lihat barang yang ada di toko Ikea tanpa harus langsung pergi ke Alam Sutera, Tangerang, tempat tokonya berada.

Toko Ikea ini baru berdiri selama satu tahun di Indonesia. Meski begitu, produk-produk Ikea sendiri sudah beredar di Indonesia selama kurang-lebih 25 tahun melalui jasa distributor. Mengenai toko ini Tony Mampu, Country Government Relation Manager Ikea, menjelaskan bahwa nantinya akan ada toko-toko Ikea lain di daerah Jabodetabek karena faktor aktivitas ekonominya yang tinggi. “Toko kami yang di Tangerang itu memang sudah sangat standar Ikea di dunia. Tempatnya dekat dengan akses tol. Selain itu Alam Sutera juga banyak ditempati oleh segmen usia yang termasuk ke target pasar kami. Inilah alasannya kami membangun toko pertama kami di tempat itu,” jelasnya.

Barang-barang yang ada di toko tersebut bisa dilihat melalui katalog tersebut. Katalog ini, menurut Eliza, terdiri dari 324 halaman dan dicetak sebanyak 219 juta eksemplar, diterjemahkan kedalam 34 bahasa untuk didistribusikan di 49 negara di dunia. Untuk lebih memudahkan konsumen, katalog Ikea juga hadir dalam format digital dan tersedia dalam versi Android maupun IOS.

Di dalam aplikasi katalog tersebut, konsumen dapat mengakses fitur-fitur menarik seperti fitur menempatkan perabotan di dalam ruangan dalam bentuk augmented reality sehingga konsumen dapat menyusun ruangan virtual yang disusun menggunakan perabotan dari Ikea. Fitur semacam ini diklaim dapat membantu dan menginspirasi konsumen dalam membangun ruangan yang diinginkan untuk dibentuk nantinya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)