Incar Wisata Kapal Pesiar Tanjung Lesung, Jababeka Targetkan Investasi US$50 Juta

Bergandengan tangan dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, PT Jababeka serius mengembangkan cruise terminal serta kawasan marina di Tanjung Lesung, Banten. Pembangunan ini ditaksir membutuhkan investasi sebesar US$ 50 juta, akan diarahkan untuk pembuatan 600 dermaga, area hunian serta cluster.

jababeka

Seperti diungkap S.D. Darmono, Presiden Direktur PT Jababeka, pihaknya akan berupaya mewujudkan masuknya investasi dengan memasarkan kavling – kavling kepada pembeli, termasuk juga disinggung beberapa pemain bisnis properti kelas wahid seperti Ciputra dan Agung Podomoro Land.

“Mula – mula kavling yang ada dipasarkan dulu kepada pengembang, nanti kan kelihatan berapa nominal yang masuk,” tukas Darmono. Menurutnya, dana investasi ini bisa saja tidak mencukupi jumlah yang telah dipatok. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bagi kedua belah pihak, baik PT Jababeka maupun IPC untuk menggelontorkan dana internal mereka. “Sisanya akan kita tutupi,” tambahnya.

Lebih lanjut lagi, Darmono menuturkan bahwa pihaknya optimis turnover dari sektor ini dapat terwujud tidak lebih dari 5 tahun. Karena selain akan mendatangkan keuntungan dari jumlah kunjungan wisatawan yang diprediksi meningkat dalam jumlah pesat, juga akan datang dari sektor properti. “Per tahun turis yang datang sebanyak 1 juta orang. Tiap orang bisa menghabiskan minimal US$100,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan alasannya memilih Tanjung Lesung sebagai pusat pengembangan kawasan marina ini antara lain karena faktor aksesibilitas serta sektor pariwisata yang menunjang. “Jaraknya hanya 180 km dari Ibukota Jakarta. Selain itu ada banyak objek wisata menarik di sekitarnya, seperti gunung Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Panaitan, hingga wisata budaya Badui,” ujar Darmono.

Sementara itu bagi IPC, melalui Direktur Utamanya, R.J. Lino, mengungkapkan antusiasmenya dapat menjalin kerja sama dengan PT. Jababeka. “Kerjasama dengan Jababeka ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan jalur pelayaran sebagai moda transportasi. Begitu juga dengan cruise terminal dan kawasan Marina ini, diharapkan dapat semakin meingkatkan perekonomian Indonesia, khususnya Banten,” jelasnya.

Adapun dari proyek ini, Lino juga menuturkan bahwa nantinya akan dikoneksikan dengan berbagai destinasi pariwisata Internasional, yang juga melalui akses pelabuhan, seperti Singapura, Tokyo, hingga Las Vegas. Adapula ekspektasi lainnya guna menghidupkan traffic lalu lintas, yakni menghubungkan berbagai moda transportasi lainnya, sebut saja udara dan darat. “Kami juga sedang berupaya mengajak Garuda Indonesia, Angkasa Pura dan PT KAI untuk terlibat dalam pembangunan ini,” tambahnya.

Selepas ini, Jababeka juga membidik beberapa area lagi untuk dikembangkan. “Visi Jababeka adalah mengembangkan 100 kota mandiri seperti layaknya yang telah berhasil dikembangkan seperti di Cikarang,” ujar Darmono. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)