Indocement Ekspansi Bangun 3 Pabrik Baru

PT Indocement Tunggal Parakarsa Tbk. yang memproduksi semen merek Tiga Roda tengah memulai pembangunan pabrik penggilingan semen berkapasitas 1,9 juta ton per tahun di wilayah Citereup, Jawa Barat.

Direktur Keuangan Indocement, Tju Lie Sukanto, menjelaskan total investasi pabrik di Citereup berkisar US$ 572 juta hingga US$ 1 miliar. Konstruksi pabrik itu ditargetkan tuntas pada 2015.

“Perseroan percaya permintaan semen di pasar domestik akan terus tumbuh positif dalam jangka menengah. Terlebih lagi dengan adanya pembangunan infrastruktur yang akan menarik masyarakat untuk membangun dan tinggal di sekitar infrastruktur tersebut. Kelas menengah juga berkembang pesat.

Selain membangun pabrik di Citereup, perseroan juga berencana membangun dua pabrik di Jawa Tengah dan luar Jawa berkapasitas masing-masing 2-2,5 juta ton per tahun. Nilai investasinya berkisar US$ 250-300 per ton atau US$ 1,2-1,5 miliar. “Dua pabrik di Jawa Tengah dan luar Jawa dalam tahap akhir studi kelayakan," jelas Tju Lie.

Pendanaan pembangunan tiga pabrik tersebut berasal dari belanja modal (capex) Indocement yang berkisar Rp 2,5-3 triliun di 2013. Sedangkan capex sendiri berasal dari kas internal. “Kas internal kami mencukupi, per September 2012 mencapai Rp 8,6 triliun,” tukasnya.

Kapasitas produksi terpasang Indocement saat ini mencapai 18,6 juta ton per tahun. Kapasitas ditargetkan naik menjadi 20,5 juta ton per tahun pada 2013.

Hingga kuartal III-2012, volume penjualan Indocement naik 14% menjadi 13 juta ton, dengan perincian sebanyak 12,9 juta ton penjualan domestik dan sisanya penjualan ekspor. Pendapatan naik 26,5% menjadi Rp 12,3 triliun dari Rp 9,7 triliun. Laba bersih melonjak 30% menjadi Rp 3,3 triliun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)