Indofarma Investasi Pembangunan Pabrik Generik Rp 100 Miliar

PT Indofarma Tbk (kode IDX: INAF) menginvestasikan Rp 100 miliar untuk membangun pabrik di Cibitung, Jawa Barat, yang khusus memproduksi obat-obatan generik. Pabrik ini dijadwalkan mulai beroperasi pada awal 2012.

“Pembangunan pabrik ini merupakan upaya perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi obat generiknya. Pembangunannya baru dimulai sekitar Juni-Juli dan dijadwalkan mulai beroperasi pada awal 2013 ," kata Direktur Utama Indofarma, Djakfaruddin Junus, di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (4/5).

Investasi sebesar Rp100 miliar tersebut akan diperoleh dari pinjaman PT Bank Mandiri Tbk.

Selain untuk meningkatkan kapasitas produksi obat generik, pembangunan pabrik ini juga sebagai persiapan Indofarma dalam menyongsong diterapkannya Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) pada 2014 mendatang.

Saat ini kapasitas produksi obat generik Indofarma sekitar 2,3 miliar tablet per tahun. Perseroan berencana menggandakan kapasitas tersebut menjadi 4,6 hingga 5 miliar tablet per tahun.

Sementara itu, Direktur Riset dan Pemasaran Indofarma Elfiano Rizaldi mengungkapkan perseroan telah menjalin kerjasama dengan pengusaha lokal di Jawa Tengah untuk melakukan pembukaan 20-25 unit apotek yang khusus melayani penjualan obat generik. "Pembukaan unit-unit apotek tersebut dilakukan pada Juni 2012 di seluruh wilayah Jawa Tengah," tutur Elfiano.

Selain di wilayah Jawa Tengah, pembukaan apotek generik ini juga akan dilakukan di wilayah Jawa Timur. Apotek-apotek ini akan berdiri dengan merek dagang Viva Generik dan dalam jangka panjang perseroan dan mitranya akan mendirikan 1.000 unit apotek di seluruh Indonesia.

Tahun ini, perseroan membidik penjualan senilai Rp1,4 triliun atau tumbuh 16,67 persen dari perolehan 2011 yang mencapai Rp 1,2 triliun. (Lila Intana)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)