INTA Akan Bangun Pabrik Truk Senilai US$ 100 Juta

intraco, Penta, alat beratPT Intraco Penta Tbk. (INTA Group) menandatangani memorandum kerja sama (MoU) dengan China National Heavy Truck Company (CNHTC) yang merupakan induk perusahaan truk merek Sinotruk di Beijing, Cina. Isi dari MoU adalah membentuk perusahaan joint venture guna persiapan pendirian pabrik perakitan Sinotruk di Indonesia yang akan menelan dana sekitar US$ 100 juta.

Pabrik tersebut rencananya akan merakit kendaraan truk berat di atas 24 ton serta kendaraan truk ringan untuk pasar Indonesia dan ASEAN secara umum. Diharapkan feasibility study akan segera dilaksanakan bersama di tahun 2012 ini.

“Kami sangat bangga dengan kepercayaan lebih lanjut dari brand terkemuka asal Cina, Sinotruk, untuk mempersiapkan pembangunan pabrik assembling/perakitan truk di Indonesia setelah tahun lalu ditunjuk sebagai perwakilan Sinotruk di seluruh Indonesia,” tutur Jimmy Halim , Presiden Direktur PT Intraco Penta Wahana (IPW) yang merupakan anak perusahaan INTA pemegang merek tunggal penjualan dan servis truk Sinotruk Indonesia.

Jimmy yang juga menjabat sebagai Direktur Pemasaran INTA yakin, pihaknya dapat melampaui target penjualan Sinotruk untuk truk jenis HOWO varian 6x4 dan 8x4, 371 dan 290 HP dan HOVA Mine Tipper 6x4, 420 HP.

“Melihat besarnya kebutuhan pasar saat ini, kami yakin di tahun 2012 penjualan produk Sinotruk bisa mencapai lebih dari 650 unit. Apalagi setelah melihat tahun 2011 lalu dimana INTA Group berhasil mencatatkan kenaikan total penjualan alat berat sebesar 89,22% dari 835 unit di tahun 2010 menjadi 1.580 unit di tahun 2011.” Jimmy menambahkan.

Untuk menunjang target penjualan, IPW memberikan jaminan layanan purna jual dengan konsep layanan bertema “I Am Service” di mana IPW memberikan jaminan purna jual 48 jam untuk penyediaan suku cadang, respon jasa servis dan keputusan garansi dalam waktu 48 jam, atau gratis.

Kerja sama Sinotruk dengan INTA Group sudah berlangsung satu tahun lalu. Merek ini adalah bagian dari CNHTC yang merupakan produsen heavy duty truck kelas dunia untuk pasar pertambangan, konstruksi, infrastruktur, perkebunan, kehutanan dan bahkan militer.

IPW selain menjual produk dan memberikan layanan purna jual merek Sinotruk, juga memberikan layanan brand-brand terkemuka lain seperti Ingersoll Rand (USA), Mahindra (India), dan Bobcat (AS untuk seluruh Indonesia. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)