Emtek Investasi Rp20 Miliar ke Bobobobo.com

PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk (Emtek) kembali menginvestasikan dana untuk sektor marketplace. Emtek melalui anak perusahaannya, PT Kreatif Media Karya (KMK) mengucurkan dana sekitar Rp20 miliar untuk Bobobobo.com. Investasi ini menjadikan Emtek sebagai pemegang saham minoritas untuk Bobobobo.com, dengan besaran saham di bawah 20%.

Emtek Bobobobo.com

"Dengan ivestasi ini, kami menjadi pemegang saham minoritas, dengan kisaran saham di bawah 20%. Kami memang tetap menginginkan founder Bobobobo.com sebagai pemegang mayoritas,” papar Alvin Widarta Sariaatmadja, Direktur Utama Emtek Grup.

Emtek yang juga pernah menanamkan investasinya di Bukalapak.com ini, memang melirik sektor marketplace sebagai target investasinya. Hingga saat ini, Emtek sudah mengucurkan dana sebanyak Rp1 triliun, khususnya untuk e-comers, online media, dan gaming company. Melalui KMK, kini Emtek sudah menginveatasikan ke lebih dari 15 perusahaan perusahaan.

“Total investasi kami di bidang ini sekitar Rp1 triliun. Sejauh yang sudah kami bicarakan, ada 2-3 lagi di tahun ini. Lagi pula ini kan baru awal tahun. Sekarang, total di luar perusahaan kami sendiri, sudah ada 15 perusahaan yang kami investasikan," jelasnya.

Karakterisitik perusahaan yang dipilih adalah marketplace. Karena logistik dan fulfillment bukan keahlianEmtek. Jadi, kalau marketplace itu yang pasti dibutuhkan hanya sistem yang baik dan sisi marketing yang dibantu.  Untuk B to C, Emtek belum berambisi karena penangan logistik dan fulfillment itu sesuatu yang membutuhkan dana dan keahlian besar.

Pemilihan Bobobobo.com bukan tanpa alasan. Bobobobo.com lebih banyak memfokuskan pada merek-merek lokal. Bobobobo.com sudah memiliki lebih dari 1000 mereka dengan porsi lokal sebanyak 80% dan sisanya merek luar.

Bobobobo.com juga memiliki 7 kategori produk yaitu fashion wanita, fashion pria, living, travel, food, perawatan kecantikan dan tubuh, dan event. Kategori fashion wanita dan pria, serta living memberikan kontribusi terbesar, dengan kisaran 60%-65%.

Dana investasikan ini akan Bobobobo.com digunakan untuk meningkatkan kualitas produk. Salah satunya adalah dengan fokus pengembangan ke mobile. Dengan ini diharapkan dapat mendorong untuk pencapaian target pertumbuhan 30%-40% tiap bulannya baik dari jumlah maupun nilai transaksi.

Bobobobo.com sendiri sukses meningkatkan angka pengunjung websitenya sebanyak 6 kali lipat sejak Januari 2015 hingga mencapai 400 ribu per bulan. Pelanggan Bobobobo.com sendiri didominasi kategori usia 18-35 tahun. Portal belanja online yang ada sejak tahun 2013 ini, kini memiliki jumlah karyawan sebanyak 85 orang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)