Corporate Action Corporate Action

IPO, Electronic City Proyeksikan Tumbuh 50%

IPO, Electronic City Proyeksikan Tumbuh 50%

PT Electronic City Indonesia Tbk, perusahaan ritel produk elektronik melakukan ekspansi dengan rencana penawaran umum saham perdahan (Initial Public Offering/IPO) yang akan dimulai pada Jul 2013. Direncakan, sebanyak-banyaknya 25% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO atau sekitar sebanyak-banyaknya 333.333.000 lembar saham akan dilepas ke masyarakat.

Manajemen PT Electronic City Indnesia Tbk telah menunjuk PT Danareksa Sekuritas sebagai penjamin pelaksanaan emisi dan Credit Suisse sebagai Sole Global Coordinator. Adapun periode bookbuilding akan dilakukan mulai Rabu 5-14 Juni 2013.

Ingrid Pribadi, Direktur Utama PT Electronic City Indonesia Tbk, mengatakan, pernyataan efektif dari OJK diperkirakan akan diperoleh tanggal 21 Juni 2013, sehingga masa penawaran umum akan dilakukan pada 25-27 Juni 2013, kemudian dilanjutkan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 3 Juli 2013.

Perusahaan retail elektronik ini mengklaim, sahamnya menjadi pilihan investasi yang menarik karena didukung beberapa faktor, seperti kondisi makroekonomi Indonesia yang sedang tumbuh, perkembangan kelas menengah di Indonesia dan daya beli masyarakat dan juga fundamental perusahaan yang bagus.

Pelopor ritel modern elektronik ini menerapkan strategi dual-branding melalui dua jenis toko yang tidak dimiliki pesaing, yakni Electronic City dan Electronic City Outlet dengan tiga format sekaligus yaitu standalone/toko yang berdiri sendiri, dalam mal dan ruko. Electronic City menyasar segmen pasar menengah atas sementara Electronic City Outlet lebih diarahkan untuk melayani target konsumen tingkat pemula yang baru berpindah dari peritel tradisional ke peritel modern.

Strategi tersebut dengan jumlah 36 gerai hingga 31 Mei 2013, mampu menghasilkan produktifitas tinggi. Selama 2010-2013, pertumbuhan pendapatan tercatat sebesar 32%. Adapun untuk menyasar masyarakat yang gemar belanja online, perusahaan ini juga menyediakan e-commerce, meski nilainya tidak begitu besar dhanya kurang dari dua persen.

Dengan ekspansi bisnis diantaranya melalui IPO yang dilakukannya ini, PT Electronic City Indonesia Tbk berencana melakukan ekspansi toko dan memperbaiki infrastruktur. Diharapkan, upaya terseut mampu merealisasikan pertumbuhan bisnis yang diproyeksi akan mencapai 50%.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved