Kalbe Gandeng Blackmores untuk Kembangkan Produk Suplemen

Irawati Setiady (kiri) & Christine Holgate. Irawati Setiady (kiri) & Christine Holgate.

Sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) kini menggandeng perusahaan sejenis dari Australia bernama Blackmores.

Blackmores merupakan merek produk kesehatan natural terkemuka di Australia. Kerja sama yang baru dimulai dan merupakan yang pertama ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis produk khusus vitamin dan suplemen kesehatan melalui PT Kalbe Blackmores Nutrition, dengan perjanjian kesepakatan bersama yang ditandatangani kedua belah pihak melalui anak usaha masing-masing, yaitu Blackmores International Pte. Ltd dan PT Sanghiang Perkasa.

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk., Irawati Setiady, mengungkapkan, “Kerja sama ini adalah bagian dari strategi Kalbe dalam meluncurkan produk kesehatan yang inovatif khususnya berbasis natural dan herbal, untuk membangun Indonesia yang lebih sehat. Harapan kami kerja sama ini akan lebih membudidayakan kekayaan herbal Indonesia agar lebih dikenal di luar negeri.”

Kalbe Blackmores Nutrition menjadi sebuah sinergi dan kerja sama bilateral Indonesia dan Australia, yang diwakili oleh dua perusahaan penyedia produk kesehatan Indonesia dan Australia. Adapun produk yang dikembangkan berjenis multivitamin dan nutrisi, untuk kebutuhan tubuh sehari-hari yang akan menyasar segmen pasar premium di Indonesia.
Christine Holgate selaku CEO Blackmores Australia menyampaikan rasa antusiasnya karena bisa bekerja sama dengan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia itu. “Kami memilih Kalbe sebagai partner di Indonesia karena Kalbe memiliki visi dan komitmen yang sama untuk mengembangkan produk natural dan herbal,” ujarnya.

Dalam dua tahun ke depan, Kalbe Blackmores Nutrition akan mendirikan beberapa pabrik di wilayah Jabodetabek. Untuk proses produksinya, Irawati mengaku bahan baku sementara diperoleh melalui impor, tetapi ke depan mereka menargetkan akan produksi sendiri. Produknya sendiri akan mulai dijual tahun depan dengan rincian sebanyak 20 jenis produk, dan akan terus bertambah di tahun-tahun berikutnya.

Produk Blackmores Australia sendiri hingga saat ini sudah menjadi market leader di beberapa negara di Asia. “Kami sudah menjadi market leader di Thailand, Singapura, Malaysia, Australia, dan berharap akan menjadi market leader juga di Indonesia. Kami menargetkan dapat mencapai 25% market share di Indonesia,” ungkap Christine. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)