Karakter Pembeli Daihatsu Mayoritas Analyst

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan, Daihtsu pernah bekerja sama dengan Markplus melakukan survei terhadap konsumen mobil middlle up berdasarkan aspek decision making dan preference. Untuk decision making ada 2 karakter: pertama, orang yang percaya diri, mengambil keputusan sendiri tanpa dipengaruhi orang lain. Bahkan keputusannya bisa mempengaruhi orang lain. Kedua, orang yang kurang percaya diri (hati-hati). Orang ini mengambil keputusan setelah mendengar masukkan dari orang lain.

Karakter selanjutnya, preference/kecenderungan. Kelompok pertama adalah orang-orang yang ideal, yang mengerti apa yang menjadi selera atau kehendak mereka. Membeli mobil buat mereka adalah untuk menunjukkan taste atau selera. Kelompok kedua adalah orang-orang yang praktis. Membeli mobil karena fungsinya, mengerti prinsip ada uang ada barang. Dari dua karekteristik itu dikelompokkan lagi menjadi 4 kelompok yakni Expresionist, Analyst, Realist dan Comformist.

Sejauh mana pengelompokan psikografis kelas menengah tersebut dapat membantu fokus pemasaran Daihatsu?Sangat membantu. Memahami karakteristik pembeli Daihatsu membuat kami menyesuaikan produk, gaya pemasaran dan pelayanan Daihatsu,” ungkap Amelia.

Menurutnya, orang-orang yang membeli Daihatsu umumnya adalah kelompok Analyst: orang-orang yang sudah membandingkan keunggulan dan value product, kemudian memutuskan membeli Daihatsu. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan yang luas, membandingkan dan mendengar semua masukkan sebelum memutuskan membeli. Mereka tidak mudah dipuaskan. Walau mereka baru membeli mobil pertama dalam hidupnya. Mereka menuntut pelayanan dan produk prima.

Hal ini bisa dimengerti, karena mereka membeli mobil Daihatsu dengan lama menabung dan menghabiskan hampir seluruh tabungan mereka. Berbeda dengan merek-merek lain yang mungkin membeli mobil tambahan dari yang sudah ada, karena mereka orang-orang yang mempunyai banyak kelebihan tabungan.

Untuk menggarap pasar, hampir semua pendekatan diambil Daihatsu baik berdasarkan psikografis ataupun demografis. Semua saling melengkapi.

Kegiatan marketing apa saja yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk menggarap pasar tersebut? Kata Amelia, pada prinsipnya selain mengerti karakter pemakai Daihatsu, pihanya juga menyesuaikan dengan karakter mobil itu sendiri. Saat ini Daihatsu sedang menggarap program Shooping Rally untuk Sirion, menggarap customer wanita yg memang banyak memakai Sirion dan life style nya suka belanja.

Untuk Terios karena produk tersebut lebih adventure, maka kami sedang menggarap program Terios 7 wonder coffee paradise, sebuah perjalanan menelusuri 7 tempat penghasil kopi di Sumatera yg memang terkenal sebagai penghasil kopi tingkat dunia. “Kami pilih 7 karena keunggulan Terios salah satunya adalah sbg SUV dengan 7 seat asli keluaran pabrik,” Amelia menambahkan. (Sigit A.Nugroho/EVA).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)