Kemprarekraf - Bank Danamon Gelar ICMITM Ke-5

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemprarekraf) bekerja sama dengan Bank Danamon American Express® Corporate Card menyelenggarakan event Indonesia Corporate Meeting & Incentive Travel Mart (ICMITM) - business travel mart 2012 terbesar di Indonesia yang akan memberikan sekitar 10.000 peluang one on one business appointment bagi industri MICE di Indonesia.

ICMITM akan digelar di Medan sebagai salah satu destinasi tujuan MICE di Indonesia dari tanggal 8-12 Mei 2012. Kegiatan ICMITM ini merupakan kegiatan yang unik, karena sangat mendorong pengembangan pariwisata Nusantara dan incentive tour dalam negeri.

Acara ini merupakan agenda tahunan dari kerja sama Kemparekraf dan Bank Danamon American Express® yang telah memasuki tahun ke-5. ICMITM mempertemukan lebih dari 100 perwakilan perusahaan-perusahaan yang merupakan klien korporasi Bank Danamon American Express® dari dalam maupun luar negeri, dengan para penyedia jasa meetings & incentive travel di Indonesia selama 4 hari dalam sebuah forum Business To Business yang dirancang khusus dan dinamis.

Selain itu, acara ini terselenggara juga atas dukungan proaktif dari pemerintahan daerah khususnya kota Medan sebagai tuan rumah dalam rangka mempromosikan “Green and Creative Tourism - Visit Medan Year 2012” yang merupakan upaya memajukan industri MICE dan pariwisata di Sumatera Utara. Kegiatan ini diselenggarakan di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Centre Medan yang belum lama diresmikan.

Berbekal pengalaman dari penyelenggaraan kegiatan sebelumnya di Bali, Yogyakarta, Lombok dan Manado, ICMITM mampu memberikan banyak manfaat positif yang cukup besar yang dirasakan langsung maupun tidak langsung bagi destinasi penyelenggara maupun perkembangan MICE di tanah air.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar mengatakan, “Corporate market adalah pasar yang menjanjikan. Dalam kondisi krisis sekalipun, mereka akan tetap membutuhkan tempat (venue) untuk melakukan pertemuan”.

Sapta menambahkan bahwa pasar MICE secara ekonomi juga lebih menguntungkan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. “Umumnya wisata MICE pelaksanaannya lebih terorganisir, dengan dana yang cukup besar. Kegiatan MICE khususnya corporate meetings dan incentive travels merupakan salah satu sektor utama yang menjadi perhatian Kemparekraf.” lanjutnya. Sapta Nirwandar berharap ke depan, ICMITM akan terus berlanjut dengan pengelolaan yang lebih baik untuk memfasilitasi networking antara sellers Indonesia dengan para corporate buyers, dengan tujuan meningkatkan jumlah kegiatan MICE yang dilakukan perusahaan nasional/internasional di Indonesia.

Sementara itu, Michellina Triwardhany, Direktur Perbankan Konsumer PT Bank Danamon Indonesia,Tbk. mengatakan, ”Kami menghadirkan lebih dari 100 perwakilan perusahaan yang merupakan klien korporasi Danamon American Express untuk dipertemukan dengan 80 mitra bisnis yang menawarkan berbagai fasilitas pendukung MICE. Para klien mendapatkan berbagai manfaat antara lain pilihan fasilitas MICE yang lebih banyak dengan harga khusus dan efisiensi dalam pembayaran melalui kartu korporasi Danamon American Express.”

Menurutnya, Danamon berkomitmen untuk senantiasa memberikan yang terbaik untuk para klien dan bangga menjadi salah satu mitra yang berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang pariwisata.

Acara ICMITM telah mendapatkan respons yang positif dari para klien korporasi Danamon American Express dan mitra-mitra bisnis dengan berbagai manfaat yang didapat. Antusiasme dari para klien dan mitra-mitra bisnis ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data dari Bank Danamon American Express®, tingkat transaksi dari kegiatan ICMITM ini menunjukkan peningkatan yang cukup bagus, yaitu sekitar 30% tiap tahunnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)