Sinergi Kalbe-Genexine Memproduksi Obat Biologis

Sebagai salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk tidak pernah berpuas diri atas kinerja yang telah dicapainya. Perusahaan publik ini ingin terus berkontribusi pada perkembangan industri farmasi di Tanah Air, sehingga mulai pertengahan tahun 2016 berharap bisa memproduksi obat biologis sendiri. Untuk mencapai hal tersebut, Kalbe menggandeng Genexine Inc, salah satu perusahaan medika asal Korea Selatan untuk membentuk PT Kalbe Genexine Biologics yang selanjutnya akan melakukan riset dan pengembangan biologis. Tidak hanya itu, untuk produksi obat biologis, Kalbe juga membentuk anak perusahaan baru yakni PT Kalbio Global Medika.

kalbe“Pembangunan pabrik obat biologis ini merupakan langkah selanjutnya bagi Kalbe yang berkomitmen untuk mendukung terciptanya industri farmasi terintegrasi. Mulai dari produksi, persediaan bahan baku, serta peningkatan ekspor,” ujar Irawaty Setiady, Direktur Utama Klebe Farma.

Saat ini, memang sudah terdapat sekitar 206 perusahaan farmasi di Indonesia dan hanya mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhan obat sebanyak 76% saja, sedangkan sisanya harus diimpor. Itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Kalbe untuk dapat memproduksi obat berteknologi tinggi serta mengurangi ketergantungan impor bahan baku yang saat ini masih 90%. bagi Irawaty, langkah yang diambil kalbe juga merupakan kontribusi bagi perkembangan farmasi Indonesia, terlebih dalam menghadapi MEA.

“Langkah yang diambil oleh Kalbe ini semakin memantapkan posisi Indoesia dalam memenangkan kompetensi di masyarakat ekonomi ASEAN maupun pasar global,” tambahnya.

Langkah ini juga diamini oleh Michael Keyoung, CEO dari Genexine. Baginya, kerja sama ini merupakan kesempatan yang baik untuk pemenuhan kebutuhan klinis di kawasan ini. “Bagi kami, kerja sama dengan Kalbe merupakan kerja sama jangka panjang untuk memproduksi obat biologi. Produk ini nantinya akan memenuhi pasar asean dengan memulai produksi EPO-HyFc. Kami memang beruupaya memperluas jaringan dengan Kalbe untuk mengembangkan dan mengkomersialisasikan obat biologis di kawasan ASEAN,” ujar Michael

Sie Djohan, Direktur Pengembangan dan Bisnis Kalbe, menjelaskan, Kalbe mengambil langkah awal dengan mendirikan PT Kalbio Medika yang membangun pabrik berteknologi tinggi tidak hanya memproduksi untuk kebutuhan obat nasional, tetapi juga diekspor. “Kehadiran PT Kalbio Global Medika dan PT Kalbe Genexine Biologics akan mendukung produksi obat biologis dalam negeri yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, ini nantinya juga akan berkontribusi pada peningkatan ekspor di pasar ASEAN serta negara lain di Australia dan Timur Tengah,” ungkap Djohan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)