Kiat Daihatsu Capai Produksi 3 Juta Unit Mobil

Kinerja produksi yang menawan berhasil ditorehkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Perusahaan otomotif itu telah mampu memproduksi tiga juta unit mobil sejak produksi perdana tahun 1978.

PT Astra Daihatsu Motor berhasil memproduksi tiga juta unit mobil.

"Pencapaian produksi tiga juta unit merupakan milestone dalam perkembangan ADM selama ini karena menjadikannya sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia," ucap Sudirman MR, Presiden Direktur ADM, di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Awalnya, tahun 1978, Daihatsu mendirikan stamping plant. Lalu lima tahun kemudian berdirilah engine plant. Dan tahun 1987 berlangsung pendirian perusahaan agen tunggal dan importir kendaraan Daihatsu. Ketiga perusahaan itu lantas melebur jadi satu, yakni PT ADM, sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia pada tahun 1992.

Jejak langkah ADM selama 35 tahun kini berbuah manis. Itu ditandai dengan capaian angka produksi 3 juta unit mobil pada April ini. Bila dirinci, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza telah diproduksi sekitar 1,5 juta unit, Daihatsu Terios dan Toyota Rush dengan 272 ribu unit, Daihatsu Gran Max, Luxio, dan Toyota Town Ace-Lite Ace dengan 305 ribu unit, dan sisanya sekitar 925 ribu unit disumbang oleh model sebelumnya yang sudah tidak diproduksi lagi.

"Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kondisi pasar domestik yang sedang tumbuh serta kualitas produk yang telah terbukti di pasar domestik maupun ekspor," tambah Sudirman.

Dalam hal produksi, Pongky Prabowo, Direktur Manufaktur ADM, menjelaskan,"ADM menerapkan konsep SSC, yakni Simple, Slim, dan Compact, pada semua fasilitas produksinya." Selain itu, produksi juga telah dilengkapi dengan fasilitas terpadu yang mampu melakukan semua proses produksi yang mencakup stamping, welding, painting, dan assembling.

Keberhasilan ADM mencapai angka produksi yang mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ini, juga karena didukung oleh para pemasoknya. ADM kini bekerja sama dengan 165 perusahaan pemasok komponen lapis pertama, dan 850 pemasok komponen lapis kedua dengan melibatkan sekitar 700 ribu tenaga kerja.

“Sebagai bagian dari industri otomotif di Tanah Air, Daihatsu telah tumbuh bersama para industri pemasok komponen. Keberhasilan pencapaian tiga juta unit adalah berkat dukungan para supplier Daihatsu,” pungkas Sudirman.  (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)