Kiat Kansai Paint Kuasai Pasar Cat RI

Kansai Paint membuka lembaran tahun baru dengan mengembangkan fasilitas produksi di Bitung, Tangerang, yakni fasilitas emulsion dan zinc chromate. Fasilitas emulsion dibangun untuk menjawab kebutuhan cat tembok interior terbaru KANSAI ANTI-MOSQUITO. Cat ini telah diuji oleh para ilmuwan dari Institut Pertanian Bogor dan telah terbukti efektif mengusir nyamuk.

Untuk membangun dua fasilitas tersebut, perseroan harus menggelontorkan dana investasi hingga Rp 60 miliar. Fasilitas emulsion menyerap sekitar 60% dari nilai investasi dan sisanya untuk pengembangan fasilitas zinc chromate. Perseroan yakin masa depan industri cat Indonesia masih sangat cerah, bahkan merupakan alah satu pasar terkuat di kawasan Asia Pasifik.

"Melihat pertumbuhan akan permintaan cat dekoratif yang luar biasa; kami yakin untuk meningkatkan investasi kami di Indonesia,” kata Yoshiyuki Ono, Presiden Direktur PT Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint) dalam rilisnya.

Foto: kansaipaint.com Foto: kansaipaint.com

Plant Manager Kansai Paint Herman Usman menambahkan, kehadiran dua fasilitas ini menambah kapasitas produksi hingga 1.200 ton / bulan hingga total produksi secara keseluruhan mencapai 2.000 ton / bulan. "Sebelum pembangunan dua fasilitas ini, kapasitas produksi pabrik kami hanya sekitar 800 ton / bulan," katanya.

Selain untuk Kansai Anti-Mosquito, fasilitas baru ini juga digunakan untuk memproduksi cat berbahan dasar air lainnya. Kansai Paint memiliki beragam pilhan produk dan warna, seperti Property, Kansai EcoClean, Kansai Tropic, dan Kansai Anti-Mosquito.
"Fasilitas baru ini akan mendukung kebutuhan domestik akan produk inovatif dan aman untuk keluarga. Ini wujud dari misi perusahaan untuk membangun kredibilitas perusahaan di mata publik,” kata Ono.

Pabrik PT Kansai Prakarsa Coatings di Tangerang beroperasi di atas tanah seluas 4,2 hektar dan mempekerjakan lebih dari 600 orang pekerja yang tinggal di daerah sekitarnya. Pabrik tersebut mulai beroperasi sejak akhir 2015. Hampir 90% dari bahan baku yang digunakan berasal dari dalam negeri.

Fasilitas baru ini menawarkan proses produksi yang efisien dalam industri cat. Penerapan hopper dan silo tank mampu menghemat area penyimpanan, mempercepat proses persiapan bahan baku dan meminimalisir tumpahan. Sistem gravitasi mempercepat perpindahan dari satu proses ke proses yang lain, sehingga dapat menghemat konsumsi energi dan waktu.

Penggunaan jenis tangki tertutup dapat mengurangi polusi udara dan mengurangi potensi kerugian produksi akibat penguapan.
Selain itu, penggunaan pendingin khusus mencegah terjadinya perubahan karakteristik pigmen yang dapat menurunkan kualitas produk.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)