Kini, Tiket.com Jual Tiket Kereta Api

Setelah sukses menjual tiket pesawat, reservasi hotel, serta tiket hiburan musik dan film secara online, Tiket.com menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melakukan penjualan tiket kereta api secara online. Hal ini ditandai dengan penandatanganan piagam kerja sama Tiket.com-KAI dilakukan oleh Gaery Undarsa (Managing Director PT Global Tiket Network/GTN) dan disaksikan Marie Elka Pangestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) di Hotel Intercontinental Midplaza, Jakarta.

Menurut Gaery Undarsa, Managing Director GTN, pengelola Tiket.com, sejak memulai transaksi akhir tahun lalu, hingga saat ini lebih dari 100 ribu pengguna jasa layanan travel online-nya. Secara umum pengguna jasa travel online Tiket.com meningkat sekitar 20 - 50%/bulan. “Lebih dari 50% dari jumlah tersebut, merupakan pelanggan yang kerap melakukan transaksi kembali,” kata Gaery. Apalagi untuk layanan jasa transportasi udara, saat ini Tiket.com bekerjasama dengan 6 penerbangan nasional secara kuantitas mendominasi pemasukan dari Tiket.com dengan mencapai lebih dari 50% total transaksi.

Dimas Surya, Direktur Transportasi GTN menambahkan, peningkatan tersebut tentu akan terus berlanjut dengan adanya kerja sama kemitraan dengan KAI. Peningkatan tersebut juga didukung dengan kemitraan dengan 1.000 hotel di Indonesia yang akan menjadikan pendapatan transaksi online reservasi hotel termasuk salah satu andalan bagi Tiket.com. Melalui situs Tiket.com melalui platform layanan reservasi dan transaksi tiket kereta api, pelanggan dapat memilih langsung nomer kursi yang diinginkan tanpa harus antri. Rasa nyaman dan aman hanya dengan satu langkah mudah dimana dan kapan saja tentu mempermudah pelanggan dalam menggunakan jasa kereta api tanpa harus terganggu praktek percaloan.

Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur KAI, menambahkan, kemajuan teknologi informasi mempermudah konsumen untuk memperoleh tiket. Bahkan sampai sekarang sudah sekitar 30% lebih, pembelian tiket itu tidak di stasiun. “Konsumen bisa melakukan transaksi online dan juga di outlet minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret,” kata Wimbo. Meskipun transaksi online diperkenalkan Agustus lalu, tapi transaksi tiket via internet sekitar Rp 5 miliar/bulan.

Menurut Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, kehadiran Tiket.com yang dirintis oleh lima anak muda sangat membantu meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan, khususnya domestik. Apalagi dengan adanya sistem travel management, seperti one stop service untuk booking yang memadukan pemesanan aneka moda seperti pesawat dan KA, hotel, serta entertainment dalam satu pembayaranan seperti yang dilakukan Tiket.com semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan pembelian. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)