Kobexindo Perkuat Jaringan Pemasaran di Banjarmasin

PT Kobexindo Tractors Tbk. membangun kantor cabang di Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan senilai Rp 17 miliar untuk memperkuat jaringan pemasaran alat- alat berat dan pelayanan pelanggan di kawasan tersebut. Direktur Utama Kobexindo, Humas Saputro di Jakarta, Selasa (11/9), mengatakan, kantor cabang yang juga merangkap sebagai workshop dan gudang tersebut menempati area seluas 5.320 m2 dari total lahan tersedia sebesar 9.000m2.

Lahan tersebut akan menjadi tempat penyimpanan suku cadang bagi alat berat kelas menengah untuk mendukung penjualan dan layanan pelanggan perseroan. Menurut Humas Saputro, langkah ini merupakan bagian dari strategi perseroan untuk meraih target penjualan Rp1,608 triliun hingga akhir 2012.

Kobexindo kini telah memiliki 11 kantor cabang yang tersebar di kota-kota besar di tanah air, untuk mendukung kegiatan operasional pelanggan termasuk penjualan suku cadang , jasa layanan purna jual dan penyewaan alat berat, ucapnya.

Perseroan merupakan mitra dan distributor eksklusif untuk produsen alat berat seperti Doosan, NHL, Tata-Daewoo dan Jungheinrich di Indonesia yang tahun lalu menguasai pangsa pasar escavator kelas 50 ton sebesar 39 persen. Produk-produknya memiliki keunggulan kompetitif, seperti lebih efisien dalam hal biaya dan didesain untuk menjadi market leader.

Doosan Excavator S500LC-V misalnya, 24 persen lebih irit dalam konsumsi bahan bakar dan 18 persen lebih tinggi untuk tingkat produktifitas, serta merupakan produk pertama di 50-ton excavator dengan bucket capacity 3,2 m3.

Humas Saputro, yang mendampingi Wakil Gubenur Kalimatan Selatan Rudy Resnawan mengatakan bahwa investasi ini merupakan hal strategis bagi perseroan. "Semakin banyak wilayah yang bisa kami jangkau, akan meningkatkan peluang untuk meningkatkan pendapatan. Kalimantan selama ini merupakan kawasan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi secara ekonomi. Hal tersebut membuat kami untuk memiliki landasan operasional yang solid di daerah ini," tambah Humas.

Selain itu, pertumbuhan Kobexindo juga didukung oleh adanya exclusive distributorship dengan prinsipal-prinsipal yang menjadi pemimpin dunia, seperti, Doosan, produsen alat besar terbesar ke enam dan salah satu pemimpin pasar di Korea, NHL (North Hauler Limited) perusahaan joint venture Cina-Inggris-Amerika Serikat dan merupakan perusahaan BUMN alat berat terbesar di Cina, Tata-Daewoo.

Selain itu, pemimpin pasar di Korea and bagian dari Tata-Motors, Jungheinrich, Germany, adalah produsen tiga besar terbesar untuk electrical forklift di dunia. Perseroan mendapat dukungan penuh dari pihak prinsipal baik dalam kesediaan produk maupun after sales service pada penjualan alat berat kelas menengah di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)