Kolaborasi MOL - Alfamart Mudahkan Online Gamers Beli Voucher

Perusahaan di bidang jasa pembayaran mikro untuk industri game online PT MOL AccessPortal (MOL Indonesia) memperluas jaringan distribusi produk voucher online game-nya (MOLPoints) ke saluran toko fisik dengan menjalin kerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Dengan kerja sama ini maka para online gamers dapat membeli kupon MOL di seluruh sekitar 7.500 gerai Alfamart, hampir 500 gerai Alfamidi, dan sejumlah gerai Lawson di seluruh Indonesia.

Nur Rachman, Corporate Communication General Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (kiri) dan Patrick Setiawan, Country Manager PT. MOL AccessPortal (kanan) dalam konferensi pers Kemitraan Strategis antara PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. dan PT. MOL AccessPortal di Jakarta pada Selasa (14/5) di mana e-voucher online game MOLPOints akan dijual di seluruh gerai Alfamart, Alfamidi, dan Lawson.

“Kami harapkan kontribusi dari saluran fisik (Grup Alfamart – red) bisa mencapai 40-50% terhadap seluruh pendapatan MOL Indonesia,” kata Patrick Setiawan, Country Manager MOL Indonesia, di acara konferensi pers Kemitraan Strategis antara PT MOL Access Portal dengan PT SUmber Alfaria Trijaya Tbk di Jakarta, pada Selasa (14/5).

Sebelumnya, MOL Indonesia, yang merupakan anak perusahaan MOL global (perusahaan internet di bidang layanan pembayaran online yang berbasis di Malaysia) dan baru didirikan di Indonesia pada Oktober 2011, memanfaatkan saluran saluran distribusi online melalui kerja sama dengan belasan online reseller, tiga bank, dan salah satu perusahaan telekomunikasi.

“Ada Ayopay, beberapa bank seperti Bank Permata, Bank Mandiri, BRI, dan sebentar lagi akan tambah satu mitra bank lagi. Mitra perbankan baru dua minggu lalu lakukan kerja sama. Kami bekerja sama juga dengan Telkom Voucher, untuk top up. Minggu depan akan live dengan salah satu dari 3 besar telco provider. Bisa melakukan pembelian via pulsa,” jelas Patrick.

Patrick menganggap penting saluran distribusi melalui gerai fisik karena banyak penduduk Indonesia, khususnya online gamers, yang masih unbankable. Oleh karena itu pihaknya menjalin kerja sama dengan Kelompok Alfamart. Patrick mengaku bahwa respon cukup bagus. Hal itu bisa dilihat dari jumlah transaksi yang terus meningkat tiap harinya sejak didistribusikan melalui Alfamart pada Desember 2012 lalu. Sebenarnya, aku Patrick, pendistribusian e-voucher MOLPoints melalui Alfamart sudah dilakukan sejak Desember tahun lalu. Namun pendistribusian melalui Alfamidi dan Lawson baru dilakukan ketika pihaknya mengumumkan kerja sama ini.

Menurut Patrick, penetrasi industri online games di Indonesia masih rendah dengan sekitar 15 juta gamers dan lebih dari 90 pengembangan dan penerbit online games di Indonesia. Hal ini ia lihat sebagai peluang karena potensi pertumbuhan industri ini masih cukup besar.

Sementara itu, Nur Rachman, Corporate Communication General Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, mengatakan bahwa pihaknya yakin akan kerja sama kemitraan strategis ini akan memudahkan dan memfasilitasi para online gamers di Indonesia dalam bertransaksi e-voucher online game.Nur Rachman juga berharap pertumbuhan bisnis MOL bisa terbantu dengan kerja sama ini. “Dengan memanfaatkan jaringan ritel kami yang luas, dapat memudahkan para online gamers dalam pembelian MOLPoints. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan mudah kepada para pelanggan kami,” pungkasnya. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)