Komitmen Bango Melestarikan Kuliner Asli Indonesia

Bango kembali menggelar Festival Jajanan Bango (FJB) yang ke- 9 di Gelora Bung Karno, Jakarta. FJB 2014 mengambil tema ‘Persembahan Warisan Kuliner dari Barat Hingga Timur Nusantara’. Menghadirkan jumlah varian kuliner yang lebih beragam dibanding tahun lalu, brand kecap  besutan Unilever Indonesia  ini mendatangkan 80 jenis kuliner.

Ragam kuliner dibedakan berdasarkan letaknya di nusantara yaitu, barat nusantara, tengah nusantara, dan timur nusantara.

Suasana Festival Jajanan Bango ke-9 Suasana Festival Jajanan Bango ke-9

Penjaja kuliner yang ikut serta dalam melestarikan kuliner asli Indonesia di FJB 2014 merupakan legenda kuliner. Mereka adalah restoran yang memiliki menu minimal 80% kuliner asli Indonesia dalam menu restorannya. Para legenda kuliner ini tidak dipungut biaya apapun untuk mau bergabung dalam FJB 2014. Komitmen untuk bersedia melayani pencinta kuliner asli Indonesia dari pukul 09.00 – 22.00 WIB cukup untuk mendukung suksesnya acara ini. Selain itu, penjaja kuliner juga harus menjual dagangannya dengan harga Rp20 ribu per porsi untuk makanan utama dan Rp 12 ribu untuk camilan.

Keragaman kuliner yang dimiliki Indonesia, dari wilayah barat, tengah hingga timur Indonesia, membuat Bango bukan hanya ingin memperkenalkan rasa kuliner asli Indonesia, tetapi juga ingin mempresentasikan kekayaan hasil alam dan kebudaya Indonesia – baik dari segi bahan otentik yang dipergunakan hingga ke cara pengolahan dan penyajian yang tak kalah otentik pula.

“Sebagai brand kecap nomor satu di Indonesia, Bango secara konsisten menjalankan misi sosial untuk melestarikan warisan kuliner nusantara melalui berbagai aktivitas dan fasilitas. Tahun ini, kami memiliki misi besar untuk mengedukasi dan melibatkan peran aktif masyarakat Indonesia dalam menggali, mendokumentasikan dan mengintegrasikan kekayaan warisan kuliner dari Barat hingga ke Timur nusantara,” ucap Nuning Wahyuningish, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia, Tbk.

Pengunjung Festival Jajanan Bango 2014 membludak Pengunjung Festival Jajanan Bango 2014 membludak

Selain menyajikan kuliner dari barat, tengah, dan timur nusantara, Bango juga menunjukkan komitmennya dengan melakukan Ekspedisi Wisata Kuliner Nusantara. Tujuan dari ekspedisi ini adalah melakukan perjalanan ekstensif yang menelusuri kekayaan tiga wilayah Indonesia, yaitu Indonesia Barat (Sumatera – Kalimantan), Indonesia Tengah (Jawa, Bali, dan Madura), dan Indonesia Timur (Sulawesi, NTT, NTB, Maluku, dan Papua).

Hasil ekspedisi ini, nanti akan didokumentasikan lengkap dalam buku ‘Bango Jelajah Warisan Kuliner dari Barat ke Timur Nusantara’. Dengan adanya buku ini, dapat mempermudah pecinta kuliner Indonesia dalam memetakan, memahami dan mengapresiasi  ragam kekayaan warisan kuliner nusantara. “Kalau bukan kita, siapa lagi. Bango hanya ingin menjaga cita rasa sesungguhnya kuliner Indonesia,” tambah Nuning. (Destiwati Sitanggang)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)