L’Oreal Konsisten Tingkatkan Kesetaraan Jender

Untuk memperingati hari Perempuan Sedunia, L’Oreal Group, sebagai perusahaan yang menjadikan perempuan sebagai jantung bisnisnya, percaya bahwa perempuan memiliki peran yang sangat fundamental dalam kesuksesan sebuah bisnis. Dalam hal kesetaraan gender, melalui program CSR dan Pengembangan Karier, L’Oreal secara internasional terbukti berhasil membuka peluang yang setara bagi perempuan di seluruh dunia dalam menekuni bidang profesi yang dipilihnya.

Melanie Kridaman, Head of Corporate Communications PT L’Oréal Indonesia mengatakan, kepada karyawan, L’Oreal mengajarkan pMelanie Kridaman, Head of Corporate Communications PT L’Oréal Indonesiaengembangan potensi karier dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara porsi pekerjaan, pribadi dan keluarga. Juga, dididik untuk memiliki kepedulian sosial dalam lingkungan internal dan eksternal.

Sebagai karyawan perempuan, kami sangat merasakan bahwa L’Oreal konsisten meningkatkan kesetaraan jender dengan tidak membatasi peningkatan karir karyawan perempuan. Secara global, terlihat 41% perempuan menduduki jabatan strategis di jajaran Management Committee L’Oreal secara global. Di L’Oreal Indonesia sendiri, 60% karyawan kami adalah perempuan dan 61% posisi manajer diduduki oleh perempuan,” jelas Melanie.Atas hal ini, L’Oreal menerima penghargaan Gender Equality European Standard (ES-GE) untuk kategori Best Practices in Human Resources Equality tahun 2011 lalu.

Di Indonesia, L’Oreal konsisten menjalankan berbagai program sosial dan peningkatan karier bagi karyawan dan komunitas sekitarnya. Komitmen atas kesetaraan gender ini diawali dengan sebuah perjanjian antara L’Oreal dan Trade Union Organization di Perancis pada tahun 2008, dimana L’Oreal menetapkan prinsip-prinsip membuka peluang karir yang sama antara laki-laki dan perempuan, namun para perempuan ini tetap dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan berkeluarga.

Terkait dengan hal itu, di bawah ini adalah beberapa contoh inisiatif yang dilaksanakan di berbagai anak perusahaan L’Oreal Grup di penjuru dunia saat ini: pertama, layanan ruangan menyusui tersedia untuk karyawan Grup di negara tertentu. Di Perancis, di wilayah Ile-de-Perancis, 133 lokasi yang berbeda tersedia bagi karyawan dekat dengan beberapa area Grup. Ruangan ini juga tersedia bagi karyawan di Kanada dan Jerman.

Kedua, fasilitas KIDS Intranet disediakan untuk sarana bertukar saran praktis dan tips, dan informasi kontak untuk pengasuh anak atau perawat.

Ketiga, layanan asisten rumah tangga untuk membantu dalam hal binatu, pekerjaan rumah tangga dan tugas sehari-hari untuk membantu karyawan yang sibuk untuk mengelola kehidupan sehari-hari (tersedia di lokasi tertentu).

Restu Widiati, HR Director PT L’Oreal Indonesia menambahkan, di Indonesia, L’Oreal menyediakan layanan ‘Child Care’ khususnya selama bulan Ramadhan, juga fasilitas perawatan relaksasi bagi seluruh karyawan yang bisa digunakan di sela-sela waktu istirahatnya. Dalam waktu dekat, juga akan disediakan ruangan menyusui bagi para karyawan yang baru saja kembali dari cuti melahirkan mereka.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)