Layanan O2O Ditargetkan Menjangkau 512 Kota

MatahariMall.com bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memperkuat jaringan O2O (online-to-offline) di mana pelanggan bisa mengambil, mengembalikan dan membayar barang yang sudah dipesan baik online maupun offline di kantor pos terdekat.

“Kerja sama pertama dijalin antara MatahariMall dan Pos Indonesia terkait penambahan titik pick up & pay COD dimulai dari kantor pos – kantor pos pilihan di 199 kota atau kabupaten dan penempatan eLocker dimulai dari 10 lokasi strategis di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Dan layanan baru ini secara bertahap akan dioperasikan mulai hari ini,” ujar Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar.

20151207_152248_resized

Sementara itu, Direktur PT Pos Indonesia menyampaikan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia. Ia melihat jumlah masyarakat Indonesia yang berbelanja online meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan untuk masyarakat yang jaraknya tidak terjangkau untuk membeli barang di mal saat ini bisa membelinya melalui online.

“Ini akan menghilangkan kesenjangan jarak dan ketersediaan produk bagi konsumen di seluruh Indonesia. Partnership dua local-company ini nantinya bisa menjembatani ketidakimbangan distribusi barang. Banyak orang di daerah yang tidak punya akses untuk membeli barang-barang mal yang diinginkannya, nanti bisa mendapatkannya lewat kerja sama ini," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, industri eCommerce di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, dengan nilai transaksi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Transaksi eCommerce menyentuh angka US$12 miliar pada tahun 2014 dan diproyeksikan meningkat menjadi US$18 miliar pada akhir tahun ini, bahkan mencapai angka US$130 miliar pada tahun 2020.

Manajemen  MatahariMall.com optimistis nantinya konsumen lebih banyak karena para konsumen bisa melakukan pembayaran, pengembalian barang di 199 kota atau kabupaten di 4.500 titik kantor pos yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga bisa lebih terjangkau untuk masyarakat yang berada di pelosok-pelosok.

“Untuk O2O diharapkan dapat meraih konsumen 514 kota. Kita baru tiga bulan launching tapi sudah menjangkau 140 dari 514 kota, ini sudah naik 87 persen sementara e-commerce lain butuh bertahun-tahun untuk mencapai ini. Dengan layanan O2O, diharapkan kita bisa raih konsumen di 514 itu," kata Wenas.

Turut hadir dalam acara itu Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara meneken nota kesepakatan antara PT Pos Indonesia dan MatahariMall.com. Menururtnya, eCommerce memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, lanjut Rudiantara, akan terus berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur teknologi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan ekosistem eCommerce di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)