Mandiri Kucurkan Kredit Program Pemerintah Rp 4,42 Triliun

Bank Mandiri Tbk. menyalurkan kerdit Rp 4,42 triliun kepada 68 ribu debitur antara lain UKM, petani, peternak dan pekebun dalam bentuk kredit program pemerintah: Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), Kredit Pengembangan Energi Nabati Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), serta Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS).

Direktur Commercial & Business Banking Bank Mandiri, Sunarso, mengatakan jika memperhitungkan penyaluran sejak pertamakali diluncurkan, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 13,59 triliun kepada lebih dari 503 ribu pelaku UKM, petani, peternak dan pekebun.

Menurut Sunarso, dari tahun ke tahun segmen UKM menunjukkan perkembangan yang baik dan mampu menyerap tenagakerjayang besar sehingga mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. "Salah satu realisasi komitmen kami dalam mengembangkan UMKM di Indonesia adalah melalui keseriusan dalam menyalurkan kredit program pemerintah," kata Sunarso di Jakarta.

Selain kredit program, Bank Mandiri juga menyalurkan pembiayaan KUR sebesar Rp 41,85 miliar bagi 727 petani dari Koperasi Tiga Saudara dan Koperasi Tunas Baru. Keduakoperasi tersebut merupakan binaan PT SatyaKisma Usaha dan PT Banyu Kahuripan Indonesia. Selain itu,

Penyaluran KUR, sejak pertamakali diluncurkan pada Oktober 2007 hinggaNovember 2012, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR hingga Rp 10,37 triliun kepada lebih dari 207 ribu debitur UMKM dengan tingkat NPL 2,24%.

Jumlah itu tumbuh 52,56% dibandingkan realisasi KUR pada November 2011sebesar Rp 6,79 triliun. Khusus untuk tahun 2012, hingga 14 Desember, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR hingga Rp 3,67 triliun. Jumlah tersebut melampaui target KUR yang dari pemerintah untuk Bank Mandiri sebesar Rp 3,5 triliun. Artinya, penyaluran KUR Bank Mandiri telah mencapai 104,8% dari target. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)