Corporate Action Corporate Action

MasterCard - idEA Luncurkan Pesta Belanja Online untuk Tingkatkan Online Shopping

MasterCard - idEA Luncurkan Pesta Belanja Online untuk Tingkatkan Online Shopping

Bekerja sama dengan 14 merchant terkemuka di Tanah Air, MasterCard Indonesia dan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) meluncurkan program Pesta Belanja Online. Program yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dari kemitraan antara MasterCard dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) akan berlangsung mulai bulan Agustus 2014 hingga Januari 2015 dengan menyediakan berbagai penawaran menarik bagi para pengguna kartu MasterCard.

MC_idEA_PestaBelanjaOnline_1

Para pengguna kartu MasterCard dapat berbelanja di 14 merchant yang berpartisipasi dalam program tersebut yakni: Bhinneka.com, Saqina.com, Lazada.co.id, Floweradvisor.co.id, Lojai.com, Livingsocial.co.id, Perkakasku.com, Tiket.com, Zalora.co.id, Sukamart.com, Electronic-city.com, Happyholiday.travel, Groupon.co.id dan Multipro.co.id. Program yang ditawarkan beraneka-ragam setiap bulannya sesuai dengan kategori merchant yang berpartisipasi. Contohnya potongan harga hingga 80% atau voucher hingga Rp200 ribu untuk pembelanjaan selama periode promosi.

E-commerce di Indonesia telah menjadi salah satu industri dengan perkembangan yang cukup pesat. Tetapi, tidak diikuti dengan pertumbuhan sistem pembayaran transaksi elektronik. Menurut MasterCard Online Shopping Behavior Study, sistem konvensional seperti uang tunai masih mendominasi sistem pembayaran online shopping di Indonesia sebesar 37.9% diikuti dengan transfer tunai antar bank sebesar 27.5%.

“Peluncuran Pesta Belanja Online hari ini pun merupakan salah satu bentuk komitmen MasterCard untuk mengembangkan potensi e-commerce di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang kuat serta kemitraan dengan bank-bank di tanah air, MasterCard selalu berusaha memberikan solusi pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman hingga keefektifan dan efisiensi yang ditawarkan online shopping dapat dirasakan konsumen Indonesia serta berkontribusi terhadap program Bank Indonesia; Less cash society,” ujar Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia.

Agus Candra, Wakil Ketua Umum idEA mengataka bahwa setiap online store yang menjadi anggota idEA dapat dijamin keamanannya. “Setiap yang di-endors oleh idEA itu dipastikan aman untuk sekarang. Banyak online store yang tidak legal beredar, tapi di idEA semuanya dijamin legal untuk hadir di Indonesia,” ungkapnya. Dengan adanya program ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk dapat lebih meningkatkan tansaksi secara online.

“Program ini merupakan dukungan kepada pelaku usaha ecommerce dalam mengedukasi pelanggan dan calon pelanggan di Indonesia akan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berbelanja online dengan menggunakan metode pembayaran online,” papar Johanes Chang, Country Head, Living Social Indonesia yang juga merupakan salah satu anggota idEA. “Sebagai pelaku usaha ecommerce, kami tentunya juga terbantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan apabila pembayarannya dilakukan secara online, di antaranya adalah konfirmasi pembelian dan pengiriman produk yang lebih cepat,” pungkasnya.

Asosiasi E-commerce Indonesia yang dibentuk pada Mei 2012 merupakan wadah bagi para pemain industri e-commerce di Indonesia untuk berinteraksi dengan sesama pemain dan juga pemerintah. Saat ini anggota asosiasi mencakup 45 pemain dari kategori online retail, market place, daily deals, classified ad, price comparison, travel, sistem pembayaran, logistik, dan beberapa partner strategis terkait.

idEA mempunyai visi menjadikan Indonesia sebagai negara berbasis ekonomi digital melalui kemitraan dengan para partner di tanah air yang dapat turut mewujudkan pertumbuhan e-commerce Indonesia, disamping terus mengadakan program edukasi dan sosialisasi mengenai industri ini. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved