Medco Terbitkan Obligasi Berkelanjutan 2012 Rp 4,5 Triliun

PT Medco Energi Internasional Tbk., perusahaan yang bergerak di bidang energi terpadu, eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi milik Arifin Panigoro, menawarkan obligasi Rp 500 miliar pada tahap I tahun ini dengan target dana Rp 4,5 triliun.

Obligasi yang mendapat peringkat idAA- dari Pefindo ini tidak memiliki jaminan khusus dengan bunga obligasi dibayarkan setiap tiga bulan. Bunga obligasi ditetapkan 8,45%-9%.

"Obligasi ini diterbikan dalam jangka waktu 5 tahun. Dana yang diraih dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk pelunasan sejumlah utang perseroan yang akan jatuh tempo segera," ujar Hendra Purnama, Direktur PT DBS Vickers Securities, selaku salah satu penjamin emisi obligasi di Jakarta, Senin (19/11).

Hendra Purnama menjelaskan, utang Medco yang dimaksud di antaranya MTN I tahap I tahun 2009 seri B senilai US$ 21,5 juta atau ekuivalen dengan Rp 207 miliar dengan bunga 8%.

Masa penawaran obligasi tahap I 2012 akan dilakukan pada 12-13 Desember 2012 dan tanggal efektif dari Bapepam LK tanggal 10 Desember 2012. Perkiraan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 18 Desember.

Adapun penjamin pelaksana emisi efek ini terdiri dari PT Bahana Securities, PT Mandiri Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Wali amanat untuk penerbitan efek ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Per Juni 2012, Medco membukukan total pendapatan usaha sebesar US$ 554,3 juta, dibandingkan dengan periode yang sama 2011 sebesar US$ 586,4 juta. “Kami dengan bangga memberitahukan bahwa manajemen memiliki kinerja operasi yang baik. Kami optimis obligasi ini akan sukses seperti obligasi-obligasi yang lalu,” kata Syamsurizal Munaf. (Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)