Microsoft Indonesia Kenalkan Komputasi Awan ke Anggota IWAPI

Teknologi menjadi salah satu unsur yang tidak boleh dilewatkan oleh pelaku usaha. Teknologi bisa berperan mulai dari produksi hingga pemasaran. Bila menggunakan teknologi dengan tepat, bisnis pun bisa berlangsung lebih efisien dan produktif. Inilah yang berusaha diajarkan oleh pihak Microsoft Indonesia kepada para pengusaha wanita yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Kedua pihak telah melakukan penandatanganan kerja sama, di Jakarta, Senin (3/3/2014).

mou microsoft iwapi

"IWAPI meyakini jika informasi teknologi merupakan alat dan solusi kunci untuk meningkatkan kemampuan pengusaha dan pebisnis di Indonesia," terang Nita Yudi, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IWAPI.

Anggota IWAPI saat ini berjumlah sekitar 30 ribu orang. Sebanyak 85 persen adalah yang bergerak di skala mikro dan kecil. Lalu 13 persennya merupakan pengusaha skala menengah, dan dua persen pengusaha besar. Kerja sama ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas khususnya UKM melalui penggunaan TI secara optimal.

"Kerja sama ini merupakan inisiatif bagus untuk pemberdayaan teknologi informasi bagi perempuan," kata Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, dalam kesempatan yang sama.

Wujud nyata kerja sama ini adalah pelatihan kepada para anggota IWAPI. Setelah acara MoU dilangsungkan, pelatihan pertama digelar kepada sekitar 60 orang anggota. Andreas menerangkan, pengusaha dikenalkan kepada penggunaan perangkat lunak Office 365 dan infrastruktur platform yang disebut Windows Azure. "Targetnya supaya pengusaha-pengusaha wanita Indonesia ini menjadi lebih efisien, lebih produktif dengan adopsi teknologi dari Microsoft seperti Office 365 maupun Windows Azure," tuturnya.

"Mudah-mudahan seluruh anggota IWAPI seluruh Indonesia dan anak-anak organisasinya bisa sign up ke Office 365, karena salah satu misi Microsoft adalah meningkatkan kewirausahaan."

Terkait Azure, Andreas menerangkan, "Pada dasarnya adalah menempatkan teknologi infrastruktur secara online di komputasi awan sehingga pengusaha-pengusaha ini tidak perlu lagi membeli infrastruktur teknologi untuk kelancaran usaha."

Rencananya, Microsoft dan IWAPI akan mengadakan roadshow terkait pemberdayaan TI kepada para anggota di sejumlah kota lainnya, seperti Tangerang, Bandung, Surabaya, hingga Balikpapan. "Ini pelatihan pilot project untuk Jakarta terlebih dahulu," ucap Nita. Ia juga berujar, dalam acara IWAPI Expo yang bakal digelar di Gedung Smesco, Jakarta, pada awal Mei mendatang, pelatihan mengenai TI juga mungkin akan diadakan. Di acara itu sebanyak 500-1.000 orang pengusaha wanita ditargetkan akan hadir. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)