Pasca Akuisisi Club, Indofood Targetkan Pertumbuhan Bisnis 20%

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. membagikan dividen sebesar Rp190 per lembar saham sesuai dengan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dividen akan dibayarkan pada tanggal 5 Agustus 2014. Pembagian dividen sebesar 50% dari laba bersih 2013.
RUPS Indofood
Rapat yang dihadiri oleh dewan direksi dari kedua perusahaan tersebut juga menyebutkan bahwa telah melakukan akuisisi air minum Club. Akuisisi pabrik-pabrik air minum Club dilakukan oleh ICBP dengan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM). Dengan komposisi 49% untuk ICBP dan 51% untuk AIBM.

Akuisisi  Club sendiri, dilakukan oleh PT Indofood Asashi Sukses Beverage (IASB) dan ICBP. Dengan komposisi 51% untuk ICBP dan 49% untuk IASB. Dana investasi dana 30% berasal dari suntikan modal sendiri kedua perusahaan dan 70% berasal dari pinjaman bank masing-masing pemegang saham.

RUPS yang dipimpin oleh Fransiskus W. ini juga menjabarkan tentang pengganggaran dana belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp9,6 triliun yang berasal dari kas. Besaran anggaran 27% untuk grup ICBP, untuk mie instan, ekspansi kapasitas, dan ekspansi pabrik baru. Grup Bogasari sebesar 18% untuk ekspansi bisnis. Bisnis Agribisnis sebesar 13% untuk tanaman baru. Distribusi sebesar 2%. Bisnis Budidaya sebesar 20% untuk pembangunan industri pertanian.

Rapat yang diselengarakan pada Jumat, 14 Mei 2014 ini juga menjelaskan investasi sebesar Rp2 triliun  Asashi digunakan untuk minuman non alkohol. Investasi ini  untuk membangun pabrik dan membangun jaringan penjualan. Sekarang masih dalam proses pembangunan pabrik.

Di samping itu juga dijelaskan mengenai ekspansi di sektor gula yang dilakukan di Brazil sebesar US$67 juta dan ekspansi di Filipina sebesar US$ 17,7 juta. Semua ini diharapkan dapat memenuhi target pertumbuhan untuk 2014 sebesar 10-20%.

”Kami akan tetap berkomitmen dan fokus pada visi untuk menjadi perusahan barang-barag konsumsi terkemuka di Indonesia. Kami tetap berkomitmen untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan stakeholder’s value,” ucap Athoni Salim, Direktur Utama dan Chief Executive ICBP. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)