PGN Pasok Gas Bumi untuk Pembangkit Listrik

Untuk memperkuat ketahanan energi nasional, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi di sektor kelistrikan. Terkait dengan hal tersebut, PGN melaksanakan penandatanganan Head of Agreement (HoA) dengan PT Millenium Power tentang Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) di Jakarta, pada Rabu kemarin. Millenium Power merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit listrik.

Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN), Hendi Prio Santoso, mengatakan, kerja sama penyaluran gas bumi dengan Millenium Power merupakan bagian dari komitmen PGN untuk meningkatkan penggunaan gas bumi di dalam negeri, khususnya di sektor kelistrikan. Melalui penggunaan gas bumi yang terbukti lebih ramah lingkungan, efisien dan aman, pembangkit listrik yang dioperasikan oleh PT Millenium diharapkan akan semakin kompetitif dan memberikan nilai tambah yang optimal bagi perekonomian Indonesia.

“PGN menyambut gembira kerjasama dengan PT Millinium Power untuk memasok gas bumi bagi kebutuhan pembangkit listrik. PGN berharap pemanfaatan gas bumi ini akan semakin memperkuat kemandirian energi nasional guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan,” kata Hendi dalam rilisnya.

Mulai Tahun 2017, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memasok gas ke pembangkit listrik milik PT Millenium Power. (Ilustrasi : Dok PGN). Mulai Tahun 2017, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memasok gas ke pembangkit listrik milik PT Millenium Power. (Ilustrasi : Dok PGN).

PGN akan mulai menyalurkan gas bumi ke pembangkit listrik milik Millenium Power pada triwulan I tahun 2017 hingga akhir tahun 2024 berdasarkan kesepakatan yang diteken tersebut. Penyaluran gas bumi dilakukan secara bertahap dengan total kebutuhan gas sebesar 591 BBTUD.

PGN sebelumnya juga telah menandatangani PJBG dengan tiga pembangkit listrik di wilayah Lampung. Tiga pembangkit tersebut adalah pembangkit listrik Sri Bawono, Sutami dan Tarahan. Adapun pasokan gas yang akan dialirkan untuk tiga pembangkit tersebut sebesar 45 MMSCFD.

Hendi mengatakan, untuk meningkatkan efisiensi dan memperkuat daya saing ekonomi nasional, PGN akan terus bersinergi dengan para stakeholders dan pelaku usaha lain dalam meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri.

Dengan pengalamannya selama 50 tahun membangun infrastruktur dan mendistribusikan gas bumi, PGN telah membuktikan bahwa gas bumi mampu menjadi energi alternatif yang akan memberikan manfaat lebih besar bagi perekonomian dan kesejahteraan Indonesia.

“Sebagai perusahaan milik negara yang memiliki rekam jejak panjang di sektor gas bumi, PGN percaya bahwa gas bumi dapat menjadi solusi bagi pemenuhan energi nasional yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, PGN akan terus berinisiatif membangun infrastruktur gas dan mendukung program konversi energi ke gas bumi yang telah dicanangkan pemerintah,” tegas Hendi.

Perusahaan berpelat merah ini sejak 50 tahun lalu berperan aktif dalam mengembangkan infrastruktur gas bumi di Indonesia. Hingga saat ini, PGN memiliki dan mengoperasikan jaringan infrastruktur pipa gas bumi lebih dari 6.200 kilometer.

Transformasi

Dalam beberapa tahun terakhir, perseroan telah bertransformasi menjadi perusahaan energi yang menjalankan produksi lapangan gas, pengaliran gas melalui berbagai moda baik itu pipa, gas alam cair (LNG), gas terkompresi (CNG) maupun kegiatan hilir seperti engineering, pemeliharaan sistem jaringan pipa gas dan bahkan pengelolaan jaringan serat optik untuk mendukung pengelolaan usaha secara keseluruhan. Sebelumnya, PGN adalah sebuah perusahaan dengan kegiatan distribusi dan transmisi gas bumi melalui pipa.

Sejalan dengan transformasi itu, menurut Hendi, perusahaan mengedepankan Good Corporate Governance, keterbukaan dan anti korupsi. Hingga saat ini PGN juga memiliki catatan positif sebagai satu-satunya perusahaan yang melayani berbagai segmen pelanggan, mulai dari rumah tangga, UKM, komersial (hotel, mal, rumah sakit), industri, pembangkit listrik dan transportasi. Pelanggan utama PGN adalah rumah tangga. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)