Perbesar Pasar, RPX Perluas Jaringan Layanan Antar

Perusahaan penyedia jasa pengiriman dan solusi logistik terpadu, RPX, melakukan penambahan jaringan layanan pengantaran sebanyak 110 kota di seluruh Indonesia. Ini dilakukan sebagai bagian dari strategi perusahaan memperbesar pasar di segmen ritel.

RPX luncurkan layanan Consolidated Truck Cargo

“Prinsip utama dalam menggarap pasar ritel adalah ketersediaan layanan yang mampu mengakomodasi setiap kebutuhan segmen ini. Dalam hal ini ketersediaan layanan mencakup dua hal, yaitu produk layanan yang fleksibel dan variatif sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan, serta jangkauan wilayah yang dilayani,” kata Andry Adiwinarso, Vice President Sales & Marketing RPX Group, di Jakarta, Senin (18/3/2013).

Pertumbuhan populasi kelas menengah di Indonesia cukup pesat belakangan ini, yang diiringi dengan peningkatan daya beli dan alokasi pengeluaran per bulannya. Mengutip data Susenas 2012, jumlah populasi kelas menengah secara nasional mencapai 129.187.392 orang, atau meningkat lebih dari 60% dari tahun 2003, dengan rata-rata pengeluaran per orang per bulan sebesar Rp 1.003.256,96. Potensi bisnis yang besar ini menjadi salah satu pendorong RPX untuk memperluas jangkauan layanannya dalam menggarap pasar di segmen ini.

RPX pun menambah jaringan layanan pengantaran, yang dilakukan melalui kerja sama dengan perusahaan pengantaran lokal di setiap kota, yang diintegrasikan dan diawasi langsung oleh kantor cabang RPX yang berada di kota tersebut. Pengembangan ini memungkinkan RPX memperluas jangkauan pengantaran di 110 kota yang mencakup lebih dari 750 wilayah kecamatan, sehingga total wilayah yang dapat dilayani RPX saat ini menjadi lebih dari 3.500 kode pos di seluruh Indonesia.

Selain itu, Andry menuturkan bahwa RPX juga melihat kebutuhan jasa pengiriman dengan standar kualitas yang premium akan semakin besar mengingat konsumen yang semakin kritis. Karena itu, dari sisi produk dan layanan, perusahaan pun memberikan jaminan ketepatan waktu pengiriman. “Tidak hanya itu, meskipun kami bermitra dengan mitra pengiriman lainnya, kami memastikan bahwa standar pelayanan yang diberikan sama dan sesuai dengan standar RPX. Kami juga akan terus menambah fasilitas outlet, fasilitas pendukung lainnya serta memperluas kemitraan untuk dapat menjangkau pelanggan lebih dekat lagi,” tegas dia.

“Kami optimistis tahun ini kami dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Dari total 50% peningkatan pendapatan tahun ini, 15%-nya akan dikontribusikan dari peningkatan bisnis dengan adanya penambahan delivery agent ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, investasi yang dilakukan oleh RPX tahun ini merupakan bagian dari rencana investasi lima tahunan RPX sebesar US$ 50 juta sejak 2010. Hingga saat ini, RPX telah menggelontorkan setengah dari total US$ 50 juta untuk membiayai pembaruan produk dan layanan, pembangunan fasilitas gudang di Cengkareng, pengembangan RPX Mobile, dan penambahan armada. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)