Perluas Kapasitas Produksi, INOV Bakal Buka Pabrik di Tiga Provinsi

Kegiatan di pabrik INOV. (Foto : Istimewa).

PT Inocycle Technology Group Tbk mengoperasikan fasilitas pencucian botol/washing facility di Deli Serdang (Medan), Sumatera Utara. Langkah ini bertujuan untuk memperluas ekspansi bisnis dan rantai pasok bahan baku di Pulau Sumatera. Pengoperasian washing facility di Medan itu akan ditindaklanjuti perseroan untuk pabrik sejenis di Makassar, Sulawesi Selatan, kemudian Lampung, dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pabrik di Makassar hendak dibangun pada 2021. Sebelumnya, emiten yang sahamnya bersandi INOV ini mengoperasikan pabrik pencucian botol di Solo dan Mojokerto, Jawa Timur.

Direktur INOV, Victor Choi menyampaikan pembukaan washing facility di Medan itu untuk memperluas kapasitas pasokan bahan baku untuk produk serat daur ulang (Recycled Polyester Staple Fiber/Re-PSF). "Selain di Medan, INOV juga berencana membuka fasilitas serupa di Makassar. Masing-masing washing facility direncanakan memiliki kapasitas produksi 500 ton per bulan," ujar Victor seperti dikutip SWA Online di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Pabrik pencucian botol di Medan itu sudah mengumpulkan sampah botol plastik pada awal Juli 2020. “Pada washing facility, sampah botol plastik yang terkumpul melewati beberapa proses seperti penyortiran, pencacahan, sampai pencucian hingga menghasilkan bijih plastik (flakes).

Flakes ini yang kemudian akan diolah menjadi Re-PSF, INOV memiliki pabrik pengolahan flakes menjadi Re-PSF yang tersebar di Karanganyar (Solo), Mojokerto, dan Tangerang, Banten. Nantinya, pabrik pencucian botol di Medan dilengkapi pabrik pengolahan bijih plastik untuk menjadi RePSF.Pabrik di Medan pada 1 Juli 2020 memulai fase pengumpulan botol sebagai persiapan kegiatan washing facility.

INOV pada kuartal I/2020 mencetak pendapatan Rp 133,6 miliar atau naik sebesar 21% dari Rp 110,1 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan tren penggunaan bahan daur ulang dalam gaya hidup masyarakat yang terus meningkat, kesadaran akan kelestarian lingkungan juga ikut meningkat sejalan dengan merek-merek ternama dunia yang menunjukkan komitmen untuk menambah komponen daur ulang dalam seiap produknya. Harga saham INOV pada Selasa ini naik 4,39% dari Rp 228 pada perdagangan sebelumnya.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)