PermataBank Syariah Perluas Jaringan ke Pontianak

permatabanksyariah

Sejalan dengan pertumbuhan bisnis Unit Usaha Syariah (UUS) PermataBank (PermataBank Syariah), keberadaan kantor cabang yang lebih modern dan berkonsep keluarga untuk lebih mendekatkan diri dengan nasabah menjadi hal yang utama. Untuk itu, PermataBank Syariah memperluas jaringan Kantor Cabang Pembantu Syariahnya (KCPS), dengan mendirikan kantor yang ke-16 di Pontianak, Kalimantan Barat. Seiring dengan penambahan jumlah nasabah yang signifikan beberapa tahun terakhir ini, keberadaan KCPS Pontianak akan semakin memudahkan nasabah bertransaksi dengan PermataBank Syariah, utamanya yang berada di wilayah Pontianak dan sekitarnya.

Pengembangan jaringan cabang ini tidak lepas dari kinerja PermataBank Syariah yang mengesankan selama beberapa tahun terakhir. Per 30 September 2013, laba PermataBank Syariah tercatat Rp 426,082 miliar, atau meningkat hingga 142 persen (yoy) dibanding laba periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 176,290 miliar.

Kinerja operasional PermataBank Syariah selama kuartal III tahun ini terusmenunjukkan peningkatan yang signifikan. Pendapatan operasional naik 85 persen (yoy) menjadi Rp 1.638,5 miliar didorong oleh pertumbuhan pendapatan margin bersih dan dari pendapatan operasional lainnya yang mengalami peningkatan signifikan.

Pembiayaan yang disalurkan PermataBank Syariah tumbuh 94 persen dari Rp 5,9 triliun pada September 2012 menjadi Rp 11,49 triliun di September 2013. Pembiayaan tumbuh pada semua segmen bisnis. Total aset secara konsolidasi pada sembilan bulan di tahun 2013 mencapai Rp 15,8 triliun atau naik signifikan hingga 90 persen (yoy) dari tahun sebelumnya sebesar Rp 8,35 triliun. Jumlah aset ini mengukuhkan posisi PermataBank Syariah sebagai UUS terbesar di industri perbankan syariah Indonesia pada kuartal III 2013.

Basis pendanaan kian beragam dan terus tumbuh secara berkelanjutan. Dana pihak ketiga meningkat hingga 82 persen (yoy) menjadi Rp 11,7 triliun. Tabungan dan giro membukukan kenaikan yang tajam masing-masing sebesar 38 persen dan 80 persen menjadi Rp 4,2 triliun dan Rp 694 miliar. Deposito juga meningkat 128 persen menjadi Rp 6,8  triliun di akhir September. Dengan demikian, komposisi dana murah (CASA) mencapai 42 persen dari total simpanan dana masyarakat di PermataBank Syariah.

Pertumbuhan dana pihak ketiga yang lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit berdampak pada rasio Financing-to-Deposit Ratio (FDR) yang mencapai 98 persen pada kuartal III tahun ini dibandingkan 92 persen di tahun sebelumnya.

Dalam siaran pers, Selasa (17/12/2013), Achmad K Permana, Executive Vice President, Head PermataBank Syariah, mengatakan, "Saya senang dan bangga dapat menyampaikan bahwa PermataBank Syariah memberikan kinerja yang sangat baik pada sembilan bulan pertama di tahun 2013 ini. Kami mempunyai permodalan yang kuat dan likuiditas yang baik. Untuk itu, kami akan terus memberikan layanan terbaik salah satunya adalah perluasan jaringan Kantor Cabang Pembantu Syariah yang baru ini di Pontianak. Dengan mengusung tema "Bank untuk Anda dan Keluarga," kami berharap KCPS ini dapat menjadi bank pilihan bagi nasabah dan keluarganya, dengan memberikan layanan produk dan layanan PermataBank Syariah yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah."

"Transformasi model bisnis yang telah kami lakukan selama ini dengan mengoptimalkan konsep Office Channelling dengan mensinergikan infrastruktur, pengembangan berbagai produk, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah mulai terlihat hasilnya," kata dia, melanjutkan.

Permana pun menegaskan, "Namun demikian, prinsip kehati-hatian senantiasa kami kedepankan agar setiap risiko dapat kami kelola dengan baik. Selain itu, kenyamanan dan keleluasaan nasabah syariah dalam melakukan transaksi perbankan dapat juga dilaksanakan dengan menggunakan berbagai sarana e-channel, seperti Permata ATM, PermataMobile, PermataNet, Permata Tel, EDC Mini ATM (EMA) sebagaimana nasabah konvensional, kami berharap hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah dan keluarganya." (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)