Peruri Jadi Tuan Rumah TEMAN

TEMAN diikuti oleh delegasi negara yang berasal dari percetakan uang logam serta perwakilan dari sektor industri terkait dengan permesinan dan bahan baku uang logam. TEMAN diikuti oleh delegasi negara yang berasal dari percetakan uang logam serta perwakilan dari sektor industri terkait dengan permesinan dan bahan baku uang logam.

Tahun 2015 menjadi kebanggan bagi Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Pasalnya Peruri menjadi tuan rumah The Technical Meeting of Mints in ASEAN (TEMAN). TEMAN merupakan organisasi yang didirikan pada tahun 1982 di Jakarta dengan beranggotakan seluruh negara ASEAN. Diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Konferensi yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu merupakan forum sarana pertukaran informasi dan pengetahuan meliputi produksi uang logam, pengendalian kualitas, sistem pengemasan dan distribusi, peralatan dan permesinan serta praktek-praktek manajemen secara umum.

“Keanggotaan TEMAN dibatasi pada pencetakan uang logam (mint) dalam lingkup negara-negara ASEAN atau jika negara itu tidak mempunyai pencetakan uang logam maka diwakili oleh otoritas penerbit uang logam. Jika keduanya dimiliki maka pencetakan uang logam menajdi prioritas. Masing-masing anggota delegasi berkomitmen untuk saling berbagi informasi yang sifatnya teknis, menjaga kerahasiaan informasi dan mematuhi by laws & working rules TEMAN,” ujar Prasetio, Direktur Utama Peruri.

Prasetio juga menjelaskan, konferensi TEMAN tersebut akan ebrlangsung di Jakarta pada 8-9 Juni 2015. pada 10 Juni 2015, semua delegasi akan meninjau fasilitas produksi uang logam di Kawasan Produksi, Karawang. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta untuk melanjutkan konferensi di Yogyakarta.

Konferensi TEMAN kali ini Peruri menerbitkan dan menjual commemorative coins dengan tema Roro Jonggrang di salah satu sisinya dan di sisi lainnya bergambar candi Prambanan. Satu keping terbuat dari emas fine gold 999,9 dengan diameter 25 mm, tebal 2,5 mm, dan ebrat 20 gram. Satu keping lainnya terbuat dari perak silver sterling 925 dengan diameter 35 mm, tebal 2,5 mm dan berat 20 gram. Commemorative coins tersebut, nantinya akan dijual kepada masyarakat untuk koleksi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)