Potensi Pasar Cat Indonesia Dibidik AkzoNobel

Pasar Asia Tenggara kini dilirik oleh perusahaan cat dekoratif, coating, serta chemicals terbesar di dunia, AkzoNobel. Ini menarik, karena aktifitas bisnis Asia Tenggara luar biasa cepat dibandingkan dengan pasar dunia. “Di tingkat regional, posisi kami cukup kuat. Tahun lalu, untuk Indonesia kami telah investasi sebesar 7,5 juta euro khusus di pembangunan mega-site Dulux, Jababeka, Cikarang. Kami yakin, Indonesia adalah salah satu potensial market terbesar di Asia Tenggara,” ujar Jeremy Rowe, Managing Director AkzoNobel Decorative Paints wilayah Asia Tenggara.

Dilihat dari jumlah populasinya, ini adalah kesempatan untuk ekspansi pasar, khususnya Dulux. Strategi ini dilaukan karena kebutuhan kapasitas produksi pasar konsumen terus meningkat sepanjang tahun. Permintaan cat di Indonesia sendiri sejak 2009, terus tumbuh di atas 10% setiap tahun.

Untuk ekspansi ke depan, memang tidak mustahil dilakukan oleh AkzoNobel. Pasalnya, di tengah melemahnya ekonomi dunia serta harga bahan baku yang terus merangkak akibat inflasi, ternyata AkzoNobel mampu meraih keuntungan sebesar 952 juta euro (2011), atau naik 13% dari tahun sebelumnya. Sedangkan kuartal pertama tahun 2012, peningkatan keuntungan juga terjadi sebesar 6 %, menyebabkan adanya peluang untuk memperluas industri, terutama di lingkup regional.

Dalam upayanya untuk mencapai competitif advantages yang terus berkembang, AkzoNobel telah menerapkan satu program berbasis “Performance Improvement Program” sejak Oktober 2012. Program ini akan dijalankan hingga 2014 dengan fokus utama 4 hal : memperkuat daya saing, meningkatkan pertumbuhan perusahaan, menyederhanakan struktur yang mendukung operasional, serta memangkas biaya operasional perusahaan. Salah satu cakupan programnya adalah EBITDA (Earning Before Interest Taxes and Amortization) senilai 500 miliar euro. Sedangkan target untuk akhir 2012 adalah 200 miliar euro.

AkzoNobel Decorative Paints Indonesia (PT ICI Paints Indonesia) telah memperoleh beberapa pencapaian positif sepanjang 2011. Selain berkonsentrasi untuk menambah kapasitas produksi, ICI Paints, aktif dalam program-program sosial, diantaranya bekerjasama dengan Dulux Young Talent, Habitat for Humanity Indonesia, serta DANCE4LIF. Dulux Young Talent merupakan suatu ajang kompetisi bagi desainer interior dan arsitektur, khusus untuk meningkatkan kreatifitas di kedua bidang tersebut. Sementara Habitat for Humanity Indonesia, lebih menempatkan ICI Paints untuk mendukung programnya dalam upaya pembangunan 600 rumah di Bandung dan Jakarta bagi keluarga prasejahtera. Sedangkan kerjasama antara ICI Paints dengan DANCE4LIFE, lebih ke sisi kemanusiaan, yaitu kampanye mengurangi angka penderita HIV/AIDS. (Gustyanita Pratiwi/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)