Premiair Operasikan Phenom 300 Pertama di Asia

Bisnis penyewaan jet kian marak di Indonesia. Paling tidak dari sisi permintaan penumpang terus mengalami peningkatan dan diprediksi naik sekitar 15% setiap tahun. Di negara kita saat ini ada sekitar 30 jet pribadi, dimana jumlah itu relatif lebih sedikit dibandingkan dengan Brazil yang memiliki 700 pesawat jet pribadi. Salah satu maskapai penerbangan tak berjadwal itu adalah PT Ekspres Transportasi Antarbenua (Premiair) yang mengoperasikan pesawat jet cangih.

Saat ini Premiair  telah mengoperasikan 13 unit pesawat, hingga akhir tahun ini akan menjadi 14 unit pesawat. Menurut Lingga Sadoko, General Manager Premiair, pesawat terbaru yang menjadi andalan adalah tipe Phenom 300 Embraer yang diproduksi perusahaan kedirgantaraan di Brazil. “Kami perusahaan penerbangan tak berjadwal pertama di Asia yang mengoperasikan pesawat Phenom 300,” klaimnya.

Phenom 300 merupakan pesawat jet ringan yang untuk 7 penumpang dengan 2 pilot. Hal ini membuat pesawat ini memiliki keistimewaan interior. Bahkan untuk menciptakan desain tersebut Embraer bekerja sama dengan BMW Group Designwork USA. Apalagi jarak tempuh Phenom 300 mencapai 3.650 kilometer dengan ketinggian jelajah hingga 45 ribu kaki di atas rata-rta cuaca dan awan tebal.

Dengan harga US$ 9,5 juta/unit pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti singe refueling port, externally serviced lavatory dan tekanan udara dalam kabin pesawat yang sangat baik. Biasanya peswat ini digunakan untuk perjalanan bisnis dan wisata karena Phenom 300 memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat di landasan dengan panjang 1.150 meter dimana tidak banyak pesawat jet yang dapat melakukan hal serupa. Harga sewa Phenom 300 nantinya sekitar US$ 4.500 - US$ 6.000/jam, waktu sewanya minimal 2 jam. “Selain melayani VIP dan corporate, umumnya penyewa kami adalah perusahaan oil & gas,” kata Lingga.

Selain sebagai operator penerbangan tak berjadwal, Premiair telah mengembangkan bisnisnya ke dalam beberapa lini seperti ground handling dan aircraft management yang diaplikasikan dalam kualitas, keselamatan dan keamanan yang telah menempatkan Premiair dalam jajaran operator terpacay bagi industri oil & gas producers. Selain itu, Premiair menjadi satu-satunya Authorized Sales Representatives (ASR) dari Embraer Executive Jets untuk Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)