Raksasa Semen Thailand Bangun Pabrik Pertamanya di Indonesia

Untuk membangun pabrik pertamanya di Indonesia, SCG melalui anak usahanya, PT Semen Jawa, menginvestasikan dana sebesar US$ 356 juta atau sekitar Rp 3,43 triliun.

IMG_0494Lokasi pabrik PT Semen Jawa di Jampang Tengah, Nyalindung, Sukabumi Jawa Barat. Ground breaking pabrik tersebut akan dimulai pada 27 September 2013 ini dan rencananya akan selesai pada kuartal III 2015.

Total kapasitas produksi pabrik ini sebesar 1,8 juta ton/tahun untuk pembangunan tahap petama. Untuk tahap ke-2 akan dilaksanakan setelah evaluasi efisiensi logistik. Adapun target pasarnya masih untuk keperluan domestik, antara lain untuk wilayah seputar Sukabumi, Bogor dan Jakarta.

Presiden & CEO SCG, Kan Trakulhoon, mengatakan, pabrik ini akan menjadi prototipe ramah lingkungan dengan teknologi yang dirancang untuk melindungi lingkungan, memanfaatkan sumber daya yang efisien, serta standar keamanan yang tinggi.

“Pabrik ini merupakan pabrik semen pertama SCG di Indonesia, sekaligus pabrik kedua SCG di negara ASEAN di luar Thailand,” kata Kan.

Konsep pabrik ini dirancang untuk melindungi lingkungan hidup. Teknologi kantong penyaring (bag filter) yang sangat efektif dalam mengontrol emisi debu hingga 99,9%. Kami juga menggunakan mesin surface mining pada proses penambangan untuk mengurangi debu, getaran dan kebisingan.

Lebih jauh, proses penggilingan diseluruh pabrik dirancang dengan menggunakan teknologi hemat energi terbaru seperti Vertical Mill yang dapat menghemat penggunaan listrik secara signifikan. Kami juga melakukan langkah besar untuk memastikan bahwa pabrik ini dapat hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar.

Pabrik tersebut akan memproduksi dua tipe produk berkualitas premium yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). “ Pabrik ini akan memproduksi dua produk premium yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia yakni Ordinary Portland Cement Tipe I, yang digunakan untuk struktur bangunan berkekuatan tinggi, dan Portland Composite Cement, yang digunakan untuk proyek konstruksi umum seperti plastering dan pemasangan batu bata,” tambahnya. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)