Sinarmas Gandeng Itochu Luncurkan Excite Point

Sinarmas menggandeng raksasa digital online asal Jepang, Excite, dari Itochu Group. Kerja sama ini diwujudkan dengan adanya pembuatan portal online berjudul Excite Point. “Dengan adanya kerja sama ini, teknologi akan disupport oleh Itochu, sedangkan customer base ada di kita,” kata G. Sulistiyanto, Managing Director Sinarmas.

Sulistiyanto menekankan bahwa 6 unit bisnis usaha Sinarmas, yakni Pulp and Paper, Financial (Bank Sinarmas), Agrobisnis, Mining and Energy, Development Real Estate (ITC), serta yang terbaru adalah Telecomunikasi (Smartfren), memberikan jaminan ketersediaan nasabah yang sangat potensial untuk dijadikan market.

Saat ini total karyawan langsung Sinarmas saja ada sekitar 300 ribu orang, sedangkan karyawan tidak langsungnya ada 500 ribu orang. Nasabah asuransi Jiwa Sinarmas lebih dari 3 juta orang. Ini merupakan satu potensial market yang sangat besar,” tambahnya.

Sementara itu, Excite Point yang menjadi produk utama kali ini diklaim sebagai model bisnis baru yang mengadaptasi kesuksesan di negara asalnya yaitu Jepang. Di Jepang, pengunjung website bisa mencapai 35 juta orang setiap bulannya. Apalagi di Indonesia, populasinya jauh lebih banyak, bukan hal yang mustahil untuk memperoleh antusiasme yang lebih tinggi dibandingkan di Negeri Sakura itu sendiri.

Portal yang ditawarkan sendiri lebih berkonsep ke gaya hidup, hiburan, dan komunitas. Portal ini dapat diakses melalui PC maupun smartphone. Bahkan smarthphone dengan provider apapun, tidak terbatas pada Smartfren saja. Portal ini mengusung layanan loyalitas yang berkonsep pada sistem poin. User yang melakukan akses ke website akan mendapatkan insentif poin. Aktivitas seperti klik iklan, belanja online, review produk yang diiklankan, download, akses video iklan, serta aktivitas lainnya akan mendatangkan poin. Poin yang terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan produk-produk dari pilar bisnis Sinarmas.

 Selain menguntungkan user, portal ini juga diklaim akan mendatangkan keuntungan bagi sejumlah pengiklan yang masuk. Pengiklan akan memperoleh user aktif yang memiliki kecenderungan untuk belanja online. Ini dilihat dari intensitas user, dimana ketika user tersebut rajin mengakses, maka secara tidak langsung akan menjadi bagian dari proses akuisisi pengiklan. Artinya Excite juga berperan dalam menjembatani pengiklan dengan customer.

Intinya ini adalah salah satu strategi bisnis untuk menarik adverter online. Hari ini saja sudah ada 10 pengiklan yang ready. Sedangkan yang berminat dan sebentar lagi masuk ada puluhan. Target kami, karena ini bisnis model baru, jadi sekitar 40-50 pengiklan ingin kami capai di tahun pertama ini.” Kata Febrian Anas, Head of Value Added Service Excite Indonesia. (Gustyanita Pratiwi/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)