Sinergi BCA – KAI Mudahkan Nasabah Beli Tiket Kereta Api

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan ke nasabah. Kali ini bank  yang saham mayoritasnya dimiliki Grup Djarum itu memfokuskan perhatian kepada layanan kemudahan pembelian tiket transportasi kereta api. Untuk itu dilakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) dengan menandatangani nota kesepahaman. Penandatanganan ini dilakukan oleh Suwignyo Budiman, Direktur BCA dan Ignasius Jonan, Direktur Utama KAI.

Sinergi bisnis ini saling menguntungkan kedua belah pihak. “Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal yang akan diteruskan dengan penandatanganan kerja sama, sehingga nantinya para pengguna jasa kereta api yang merupakan nasabah BCA akan mendapatkan berbagai kemudahan. Sebagai mitra KAI, BCA siap mendukung dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia,” jelas Suwignyo. Bagi BCA, kemitraan bisnis ini dengan KAI merupakan suatu kehormatan karena BUMN itu telah melayani pengguna kereta api di seluruh wilayah Indonesia.

KAI pun mengamini manfaat kemitraan bisnis dengan BCA. Jonan mengatakan, tingginya potensi penjualan tiket kereta api, ternyata masih dibarengi dengan pembelian tiket oleh masyarakat melalui jalur konvensional, yaitu melalui loket di stasiun. Padahal, pembelian melalui jalur on line dan pemanfaatan produk perbankan bisa lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya. Untuk itu, upaya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khususnya kemudahan dalam pembelian tiket kereta api. “Kerja sama dengan layanan Flazz Railcard atau e-channel BCA diharapkan dapat mengurangi antrean di stasiun kereta api,” tambah Direktur Komersial KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito.

BCA terus berkomitmen dalam mendukung kemajuan sektor layanan transportasi publik, khususnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan makin meningkatnya masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api. Lihat saja data Badan Pusat Statistik, total masyarakat atau penumpang kereta api di tahun 2011 mencapai 16.811 orang. Hingga Maret 2012 jumlah tadi bertambah hingga 17.090 orang. Sebelumnya BCA juga telah mendukung transportasi di kota Bogor dan kota Yogyakarta bagi pengguna Trans Pakuan dan Trans Jogja dengan menggunakan kartu Flazz BCA.

Apa saja bentuk kemudahan dari kerja sama ini? Di antaranya pembayaran atas pembelian tiket kereta api melalui berbagai delivery channel BCA, seperti ATM BCA, BCA KlikPay, B2C e-Commerce MIGS selain melalui mesin-mesin EDC BCA yang saat ini sudah tersedia di beberapa loket stasiun KAI.

Transaksi mesin EDC yang ditempatkan di stasiun KAI tersebut pada 2 bulan terakhir juga menunjukkan tingginya antusiasme pelanggan KAI untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan mesin EDC BCA. Contoh, jumlah transaksi pada April - Mei 2012 mencapai 2.500 transaksi dengan total nominal Rp 2,5 miliar.

Saat ini BCA juga menyediakan integrated cash management melalui penggunaan KlikBCA Bisnis untuk pengelolaan rekening KAI dan BCA Virtual Account untuk penerimaan KAI selain tiket.

Ke depan, kerja sama lain yang akan dikembangkan adalah Co Branding Kartu Flazz Railcard untuk pembayaran tiket kereta api dan sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerja sama serta co-branding dengan Kartu TITAM untuk pembelian tiket antar moda. (Eva Martha Rahayu)

 

Berita BCA (swa.co.id/beritabca)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)