Sinergi KAI - BCA Luncurkan Kado Si Loko

Terus memberikan kepuasan kepada pengguna kereta api, itulah yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Yang terbaru, BUMN ini memudahkan pengguna dengan melakukan pembelian tiket lewat ponsel pintar BlackBerry dan pembayaran melalui BCA KlikPay, serta menyediakan fasilitas Cetak Tiket Mandiri. Untuk meningkatkan loyalitas penggunanya, KAI pun meluncurkan Kado Si Loko.

"Hari ini (Senin), kami meluncurkan CTM atau Cetak Tiket Mandiri. Supaya setelah (beli) voucher itu, tukar tiket tidak perlu antri," terang Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur Komersial KAI, di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (24/2/2014).

kai bca

KAI memang terus berbenah. Moda transportasi ini harus bisa bersaing dengan moda transportasi darat lainnya, bahkan udara. Perubahan dibuat semakin kentara dengan beragamnya cara membeli tiket KA. Masyarakat kini tidak musti datang langsung ke stasiun, tetapi bisa membeli tiket lewat ritel modern, kantor pos, hingga ponsel. Pembelian tiket kini dimungkinkan lewat ponsel BlackBerry. Masyarakat bisa mengunduh aplikasi Kereta Api Indonesia dari App World BB Indonesia. Melalui aplikasi ini, reservasi tiket KA dapat dilakukan 10 jam hingga 90 hari sebelum keberangkatan.

Pembelian tiket secara tidak langsung mengharuskan pengguna KA menukarkan voucher dengan tiket asli di stasiun. Ketika menukarkan voucher, antrian cukup panjang kerap terjadi. Akhirnya, KAI menghadirkan fasilitas baru, Cetak Tiket Mandiri. "Sekarang bisa cetak tiket, tidak perlu harus menunggu di loket," kata Sulistyo.

"Dengan adanya kerja sama dengan BCA, maka dengan BCA KlikPay juga bisa bayar (pembelian tiket)," terangnya mengenai gebrakan lainnya dari KAI yang menggandeng BCA.

Dalam kesempatan yang sama, Suwignyo Budiman, Direktur BCA, menerangkan, "Kami sebetulnya sudah lama bekerja sama dengan KAI dalam rangka mempermudah, mempercepat, dan mengefisienkan cara pembayaran tiket-tiket kereta api. Apakah itu melalui mesin EDC di kasir, ATM, internet, dan sekarang mulai hari ini diluncurkan pembelian tiket kereta api yang bisa dilakukan secara langsung melalui BlackBerry."

"Ada dua hal, dengan BlackBerry, kita bisa pakai kartu debit BCA, bisa juga pakai kartu kredit. Dan ini ada juga BCA MIGS. Ini adalah fasilitas dari MasterCard yang kami pakai sehingga masyarakat bisa menggunakan kartu kredit apa pun, Visa, Master, maupun JCB untuk membeli tiket. Dengan demikian kami harapkan masyarkat bisa jauh lebih mudah dalam membeli tiket."

bca suwignyo

Selain itu, KAI juga meluncurkan program reward bagi pengguna setia KA, yang disebut Kado Si Loko. Pengguna KA harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk menjadi anggota, setelah itu setiap kali membeli tiket KA komersial setiap kelipatan Rp 10 ribu, pengguna mendapatkan satu poin. Satu poin itu bernilai Rp 500. Poin tersebut bisa dijadikan sebagai diskon dalam membeli tiket. "Jadi, kepelangganannya sangat mudah, cukup dengan nomor ponsel. Dengan demikian nanti dapat poin," tutur Sulistyo.

"Dengan demikian lengkaplah sudah semua yang kami berikan, kami manjakan penumpang kereta api. Kalau dulu cari tiket saja susah, sekarang beli tiket dapat hadiah," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)