Sinergi MPPA,Powa Technologies,Artomoro Prima Meluncurkan Aplikasi hicard-PowaTag

PT Matahari Putra Prima, Tbk. (MPPA) yang mengoperasikan Hypermart, Foodmart dan Boston Health & Beauty mengumumkan kerja samanya dengan PT Artomoro Prima Internasional (API) dan spesialis commerce internasional Powa Technologies Group dalam mengimplementasikan aplikasi hicard-PowaTag di 48 gerai Hypermart.

(ki-ka) Alberto Diaz  (GM Customertomer Loyalty PT Matahari Putra Prima Tbk – Matahari Food Business                   Danny Kojongian           - Director, Communications & Public Relations PT Matahari Putra Prima Tbk                   Sardjono Hadisusanto - Chief Operations  Officer PT Artomoro Prima Internasional                   Alessandro Gadotti      - CEO Asia Pacific Powa Technologies (ki-ka) Alessandro Gadotti - CEO Asia Pacific Powa Technologies Danny Kojongian - Director, Communications & Public Relations PT Matahari Putra Prima Tbk Sardjono Hadisusanto - Chief Operations Officer PT Artomoro Prima Internasional

Tujuannya, untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam perolehan dan penukaran kupon belanja dengan program loyalitas hicard via ponsel. Aplikasi hicard dan PowaTag sudah tersedia untuk Android, iOS dan BlackBerry.

Kini anggota hicard yang sudah mengunduh aplikasi hicard-PowaTag dapat menikmati distribusi dan penukaran kupon belanja secara online. Program loyalitas hicard telah bertumbuh pesat dengan lebih dari 3,2 juta anggota dan mewakili lebih dari 60% penjualan Hypermart. Implementasi fase kedua ini memungkinkan penukaran kupon belanja secara online via aplikasi hicard-PowaTag di 48 dari total 101 gerai Hypermart di Indonesia.

Hypermart merupakan pilar pertumbuhan penting MPPA dengan ragam produk berkualitas dari makanan/groceries, barang kebutuhan rumah tangga non-makanan, produk sandang busana dan elektronik. Gerai-gerai Hypermart berlokasi di lebih dari 60 kota dengan total penjualan melampaui Rp12 triliun di tahun 2013. Peluncuran hicard-PowaTag di Hypermart akan meningkatkan perolehan konsumen baru di seluruh Indonesia.

HypermartHicard2 (ki-ka) Alberto Diaz - GM Customer Loyalty PT Matahari Putra Prima Tbk – Matahari Food Business Danny Kojongian - Director, Communications & Public Relations PT Matahari Putra Prima Tbk Sardjono Hadisusanto - Chief Operations Officer PT Artomoro Prima Internasional Alessandro Gadotti - CEO Asia Pacific Powa Technologies

Hicard merupakah program loyalitas pelanggan yang dikembangkan oleh MPPA untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggannya. Diluncurkan di 2011, program loyalitas hicard telah berhasil memperoleh lebih dari 3,2 juta anggota aktif dengan tingkat perolehan lebih dari 40 ribu anggota baru tiap bulan. Disamping itu, program loyalitas hicard juga telah memperluas layanannya dengan bekerja sama dengan lebih dari 140 merchant untuk memberikan nilai lebih kepada para konsumen.

PowaTag adalah solusi mobile commerce yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian dengan melakukan scanning label dari produk sampai dengan papan reklame, yang akan tersambung dengan aplikasi hicard sehingga pelanggan dapat melakukan penukaran kupon melalui ponsel masing-masing. Integrasi PowaTag ini semakin meningkatkan kemampuannya dengan memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan kupon belanja dan penawaran khusus dengan melakukan proses pelabelan di materi promosi di dalam toko, iklan online dan cetak.

Carmelito J. Regalado, Deputy CEO dan Presiden MPPA, menyatakan “Teknologi PowaTag mendukung peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kami memberikan pelayanan yang terbaik untuk anggota hicard kami. Sebelumnya, distribusi dan penukaran kupon belanja dilakukan secara manual dan merupakan proses yang sangat mahal – dengan hicard-PowaTag, kami dapat mendistribusikan kupon belanja elektronik kepada anggota hicard melalui proses yang sederhana dan penukaran yang efisien di gerai-gerai Hypermart.”

MPPA diklaim Carmelito sebagai peritel pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi ini dan mengharapkan beberapa fungsi tambahan hicard-PowaTag dapat segera diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

“Melihat pertumbuhan ponsel di Indonesia yang sangat pesat, kami yakin bahwa aplikasi hicard-PowaTag akan menjadi  sebuah media promosi baru kepada anggota hicard untuk bertransaksi lebih aman, nyaman dan lebih tepat sasaran”, ujar Sardjono Hadisusanto, Chief Operations Officer PT Artomoro Prima Internasional.

Dan Wagner, CEO Powa Technologies Group, menambahkan, “Teknologi PowaTag memungkinkan Hypermart menghadirkan teknologi kelas dunia ke pasar Indonesia, sehingga konsumen mendapatkan kemudahan program loyalitas hicard-PowaTag di ponsel masing-masing. Konsumen tidak perlu lagi mencari kupon belanja dan penawaran di surat kabar, menggunting potongan kupon tersebut dan membawa ke toko – saat ini yang diperlukan hanya proses scan yang cepat dengan PowaTag di ponsel dan berbagai ragam kupon akan tersedia secara praktis.”

Menurut Wagner, Hypermart dapat menghadirkan teknologi ini tanpa menambah infrastruktur tambahan, dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan jutaan pelanggan yang berbelanja.

Sekadar informasi, kinerja keuangan MPPA taun 2013 ciamik.  Total penjualan yang dibukukan tahun 2013 sebesar Rp1,6 triliun (diaudit) naik sebesar 11,1% dibandingkan tahun 2012. Net income 2013 sebesar Rp445 miliar naik sebesar 85.8% dari Rp239 miliar di tahun 2012. Hypermart merupakan ritel modern di Indonesia yang memiliki jaringan gerai terluas dari peritel Hipermarket yang ada pada 60 kota dari Tanjung Balai (Medan) hingga Jayapura (Papua).

Sementara itu, PT Artomoro Prima Internasional (API) dioperasikan melalui PT Visionet Internasional (VisioNet), yang merupakan anak usaha dari PT Multipolar Technology Tbk (MLPT). Artomoro Prima Internasional berfokus pada jasa pengelolaan dan proses sistem pembayaran yang berbasis mobile (mobile payment channel). Sejalan dengan pertumbuhan ponsel yang makin tinggi saat ini, layanan sistem pembayaran/program loyalty berbasis mobile ini dapat memberi nilai tambah bagi pelanggan di berbagai sektor industri yang menerapkan program keanggotaan.

Powa Technologies bermula sebagai bagian dari Venda, pengembang shared platform eCommerce terbesar di dunia. Platform Powa dikembangkan untuk menyediakan kapabilitas menangani situasi multi-site eCommerce. Platform terdiri dari PowaTag dan PowaPOS yang dapat digunakan oleh konsumen dan merchant, dan PowaWeb yang menyediakan kenyamanan multi-channel shopping. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)