Sinergi XL – KCJ Beri Solusi Cerdas Pengguna Commuter Line

Guna mempermudah masyarakat mendapatkan kartu berlangganan kereta api komuter line, PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) baru saja menyepakati kerja sama strategis terkait penggunaan XL Tunai sebagai sarana pembayaran untuk isi saldo Kartu Multi Trip (KMT).  Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Vice President Digital Service Delivery XL, Yessie D. Yosetya dan Direktur Komersia KCJ, Makmur Ikhtiarsyah.

unnamed

Melalui kerja sama ini, bertambah lagi manfaat XL Tunai bagi pelanggan, yaitu bisa untuk mengisi saldo kartu multitrip Commuter Line. Kami berharap, kerja sama ini juga bisa semakin mendorong animo masyarakat, terutama dari kalangan pelanggan XL, untuk menggunakan Commuter Line," tegas Yessie.

Sementara itu, menurut Makmur, sinergi bisnis ini tentu saja bisa menjadi magnet bagi masyarakat komuter untuk beralih dari transportasi umum seperti bus, angkot ataupun kendaraan pribadi sehingga dapat mengurangi intensitas kemacetan di jalanan Jabodetabek.

Yessy menambahkan, meski tahap awal hanya terbatas di area Jabodetabek, peminat Commuter Line sangat tinggi dan cenderung terus meningkat. Oleh karena itu, XL melihat sebuah peluang untuk melakukan kerja sama ini, yang akan bisa menguntungkan kedua pihak. Bagi pelanggan XL, layanan baru ini akan bisa mempermudah mereka untuk membayar isi saldo kartu KMT. “Pelanggan KCJ biasanya harus mengantri dalam melakukan isi saldo. Dengan XL Tunai, pelanggan tidak perlu mengantri dan pihak KCJ pun tidak repot dalam menyiapkan uang kembalian dan sumber daya manusia,” tambahnya.

Dalam pengisian melalui XL Tunai, pelanggan diuntungkan tidak perlu mengantri. Namun pelanggan akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 per transaksi isi saldo multi trip, dan Rp 350 untuk single trip. Keunggulan XL Tunai memang ada pada kemudahan dalam mengakses menu XL Tunai untuk pengisian kartu commet KCJ ini. Cukup tekan *123*120# dan pilih “Pembayaran”. Tidak ada pemotongan pulsa tambahan dan XL Tunai. Pelanggan harus memiliki kartu KMT terlebih dulu.

Saat ini tercatat XL Tunai telah dimanfaatkan oleh sekitar 800 ribu pelanggan dari sekitar 65 juta pelanggan XL. Namun pada dasarnya semua pelanggan XL baik itu prabayar dan pasca bayar sudah bisa menggunakan layanan XL Tunai, tanpa atau menggunakan registrasi. Cukup isi saldo XL Tunai maka sudah dapat melakukan pembayaran dengan layanan e-payment ini. Bila mau lebih komplit maka daftarkan ke XL Center agar saldo XL Tunai dapat dicairkan dan dapat melakukan kirim uang. Saat ini XL Tunai sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 merchant dengan jumlah outlet lebih dari 10 ribu di seluruh Indonesia.

Bagi XL, e-money adalah sebuah layanan yang memerlukan kesabaran dalam melakukan edukasi ke masyarakat. Meskipun masyarakat Indonesia terbiasa dengan pembayarn tunai, namun karena ada anjuran Bank Indonesia terkait sosialisasi less cash society dan branchless banking, maka XL melihat XL Tunai akan menjadi sebuah layanan yang memberikan kontribusi cukup besar di masa mendatang.

Sementara itu bagi PT KAI Komuter Jabodetabek, seperti yang dituturkan, Makmur, langkah ini sangat efektif untuk mengedukasi masyarakat terkait efektifitas penggunaan sarana Commuter Line sebagai solusi menghadapi kemacetan lalu – lintas. Selain itu ia juga optimis, jika pertumbuhan pengguna Commuter Line seperti yang diprediksikan, maka ini merupakan sumbangsih yang signifikan terhadap berbagai sentra bisnis di Jakarta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)