SMF dan Bank Kalbar Jalin Kerja Sama Pembiayaan Refinancing KPR

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) membuka jalinan kerja sama untuk pertama kalinya dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat. Jalinan kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyaluran Pinjaman oleh Raharjo Adisusanto, Direktur Utama PT SMF bersama Sutomo, Direktur PT SMF dan Sudirman HMY, Direktur Utama Bank Kalbar, dengan Sirwan Fahruddin, Direktur Bank Kalbar (4/9) di kantor SMF, Panglima Polim, Jakarta Selatan.

IMG_2984

“Kerja sama ini sebagai salah satu upaya SMF untuk mendukung penyaluran pinjaman KPR di Indonesia terutama di daerah, dengan cara memfasilitasi pembiayaan jangka menengah/panjang dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kesinambungan pembiayaan perumahan sehingga terjangkau oleh masyarakat,” ujar Raharjo.

Keinginan Bank Pembangunan Daerah untuk memberikan pembiayaan perumahan dengan dana jangka panjang yang prioritasnya kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sudah terlihat, terbukti mulai banyak Bank Pembangunan Daerah melakukan kerjasama Refinancing KPR dengan SMF, seperti Bank DKI, Bank NTB, Bank Nagari, Bank Kalsel dan BPD Bali, serta lainnya yang saat ini dalam proses penjajakan untuk kerjasama.

Raharjo menegaskan, kerja sama ini sejalan dengan misi SMF dalam mengembangkan pembiayaan sekunder perumahan untuk meningkatkan keterjangkauan kepemilikan rumah yang layak bagi masyarakat, sekaligus merefleksikan dukungan SMF terhadap BPD agar semakin aktif dalam penyaluran pembiayaan KPR di daerahnya masing-masing.

Sudirman HMY, Direktur Utama Bank Kalbar, mengatakan, bahwa bagi Bank Kalbar, kerja sama ini dapat mendorong peningkatan sumber dana bagi Bank Kalbar dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan dalam penyaluran kredit/pembiayaan, khususnya kredit/pembiayaan pemilikan rumah yang memenuhi kriteria SMF. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)