SML Siap Memulai Pembangunan Courts Megastore Pertama di Indonesia

Sinar Mas Land (SML) bekerja sama dengan PT Courts Retail Indonesia, anak perusahaan dari Courts Asia Ltd, salah satu perusahaan bidang IT, retail furniture, dan elektronik di Asia Tenggara, siap untuk memulai pembangunan dua proyek terbaru, Courts Megastore di Indonesia, tepatnya di Kota Harapan Indah Bekasi dan BSD City, Serpong, Tangerang. Megastore tersebut merupakan kombinasi dari toko retail, gudang penyimpanan, serta kantor yang akan dibangun dengan konsep Build to Suit (BTS).

Kesiapan tersebut ditunjukkan secara simbolis dengan melaksanakan upacara peletakan batu pertama (ground breaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan Courts Megastore yang pertama di Indonesia yang terletak di Kota Harapan Indah Bekasi.

Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy & Services Sinar Mas Land, dalam siaran pers mengungkapkan, ”Ground Breaking proyek Megastore ni merupakan langkah yang baik bagi kedua perusahaan untuk saling berkembang. Pembangunan dua proyek Megastore ini merupakan sebuah terobosan baru bagi Sinar Mas Land sebagai pengembang serta dunia properti Indonesia karena menggunakan konsep ‘Build to Suit’ dengan Courts Megastore sebagai proyek pertamanya di Indonesia.”

Ishak Chandra, Direktur PT Sinar Mas Land Tbk. Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy & Services Sinar Mas Land (Photo by Prio Santoso SWA)

Lebih dalam, Ishak mengungkapkan, pembangunan ini bisa dimulai sesuai dengan waktu yang direncanakan dan berharap dengan proyek dua Megastore ini konsumen di kawasan Bekasi dan Serpong, Tangerang, bisa lebih mudah dalam mencari beragam kebutuhan IT, furniture dan barang-barang elektronik tanpa perlu terjebak kemacetan kota Jakarta.

Ground Breaking Courts Megastore Bekasi

Proyek Megastore pertama dengan konsep “Build to Suit” yang dikembangkan Sinar Mas Land dan PT Courts Retail Indonesia berlokasi di Kota Harapan Indah, Bekasi. Courts Megastore Bekasi ini akan memiliki dua lantai dan menempati area seluas 13.000m2 (140,000 kaki persegi). Toko ini dijadwalkan akan mulai beroperasi di tahun 2014. Courts menawarkan produk-produk perlengkapan rumah tangga, alat-alat elektronik, perabotan, dan produk IT. Courts Megastore juga dilengkapi dengan berbagai pengalaman belanja ritel inovatif. Ritel ini akan melayani 2.4 juta penduduk yang tinggal di Bekasi.

Courts Megastore kedua dengan luas area retail 12.000 m2 akan terletak di BSD City, di Serpong, Tangerang, dan dijadwalkan beroperasi enam bulan setelah Courts Megastore Bekasi. Lokasi ini juga direncanakan untuk menjadi pusat distribusi regional dan supporting office, menjadikan total luas gedung hingga 18.000 m2. Kedua megastore di Indonesia ini akan menambahkan 20% luas total area retail Courts Asia.

Terry O’Connor, Executive Director and Group CEO Courts Asia, mengungkapkan, "Pembangunan Courts Megastore di Bekasi merupakan momen bersejarah bagi kami dalam 40 tahun pengalaman di Asia. Gerai seluas 13.000 m2 tersebut merupakan toko terbesar kami saat ini dan merefleksikan ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia dengan menawarkan barang-barang perlengkapan rumah tangga dan furnitur paling beragam disertai dengan pengalaman berbelanja terbaik.”

O’Connor juga menjelaskan bahwa Courts Asia telah menentukan bahwa Indonesia adalah pasar pertumbuhan penting untuk Courts dalam beberapa tahun kedepan dimana ekspansi bermula di Timur Jakarta dengan Megastore pertama yang berlokasi di Kota Harapan Indah, sebuah wilayah terintegrasi yang strategis.

Bantuan Program Pendidikan

Dalam kesempatan ini, Courts Indonesia juga mengukuhkan komitmen untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan program pendidikan yang bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah yang kurang mampu. Bersama dengan Kota Harapan Indah, Courts memilih SD dan SMP Al-Ikhlas dari Yayasan Al-Mukhlisin sebagai tahap awal program pendidikan ini. Courts akan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi seluruh murid SD Al-Ikhlas, bantuan beasiswa bagi lima siswa-siswi terbaik SMP Al-Ikhlas, serta membantu meningkatkan kualitas fasilitas sekolah melalui program bantuan furnitur sekolah. Drs. Rosidin, M.Mpd, Kepala Sekolah Al-Ikhlas, turut hadir untuk menerima bantuan tersebut.

Roy Santoso, Country CEO Courts Indonesia, mengungkapkan, "Melalui program ini, kami dapat secara langsung membantu siswa-siswi yang kekurangan, serta dalam jangka panjang memberikan mereka kesempatan untuk pendidikan yang lebih berkualitas, yang dapat meningkatkan prospek masa depan mereka.”

Kerja sama Strategis antara Sinar Mas Land and Courts Asia

Kemitraan Sinar Mas Land dengan Courts Asia merupakan sebuah terobosan baru di dunia properti Indonesia dan memiliki nilai yang strategis bagi kedua perusahaan. Sinar Mas Land memiliki pengalaman yang panjang di bidang pengembangan property dan tentunya mampu memperkuat posisi Courts Asia sebagai retail furniture dan elektronik di pasar Indonesia.

Gedung Sinar Mas Land Plaza yang terapkan go green Gedung Sinar Mas Land Plaza yang terapkan go green (photo by Prio Santoso SWA)

Sinergi kedua perusahaan dimulai pada pada bulan Juli 2013, ketika Sinar Mas Land menandatangani Perjanjian Kesepahaman (MOU) dengan Courts Asia Ltd, untuk membangun dua Megastore pertamanya di Indonesia, di Kota Harapan Indah dan BSD City. Keberadaan Megastore di BSD City tentunya akan semakin memanjakan warga BSD City serta warga Serpong, Tangerang, dalam mencari beragam kebutuhan IT, Furniture dan elektronik. Megastore juga dipastikan menambah sarana perbelanjaan di BSD City yang sebelumnya telah diramaikan dengan kehadiran The Breeze BSD City dan Mall Sub-urban bergaya Jepang yang tengah dalam tahap pembangunan yakni, AEON Mall BSD City. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)