Soho Lepas 51% Saham Ethica Industri Farmasi ke Fresenius Kabi | SWA.co.id

Soho Lepas 51% Saham Ethica Industri Farmasi ke Fresenius Kabi

SOHO Group melakukan kerja sama joint venture dengan Fresenius Kabi, salah satu perusahaan farmasi terkemuka asal Jerman yang dikenal sebagai produsen  obat injeksi / I.V. (Intra Venous), generik, terapi infus, produk nutrisi klinis dan peralatan kesehatan.

Marcus Pitt, CEO SOHO Group Marcus Pitt, CEO SOHO Group

Melalui joint venture ini, SOHO melepas 51% saham (2,6 juta lembar saham) kepemilikannya di PT Ethica Industri Farmasi (EIF) kepada Fresenius Kabi. Sebagian dana tersebut sekitar US$ 60 juta akan digunakan untuk membangung pabrik seluas 4,3 hektar di Kawasan Jababeka, di atas lahan seluas 5 hektare (ha) dari total areal SOHO seluas 20 ha dengan perkiraan volume produksi obat-obatan akan mencapai 100 juta unit/tahun atau lebih besar 20%-30% dari pabrik yang telah ada sebelumnya di Pulo Gadung.

Menurut  Marcus Pitt, CEO SOHO Group, melalui kerjasama ini, diharapkan adanya transfer teknologi baru, investasi pada fasilitas manufaktur, serta akses yang luas ke pasar regional di Asia Tenggara. Joint venture ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Marcus menambahkan, ini adalah kunci strategi SOHO dalam mengembangkan produk generiknya dan akan menempatkannya pada posisi yang makin kuat di pasar farmasi Indonesia. Selain itu, Tujuan joint venture ini adalah sebagai upaya untuk mengembangkan dan mendiferensiasikan produk – produk SOHO  yang siap diperkenalkan saat Jaminan Kesehatan Nasional 2014.

Thomas Mechtersheimer, Anggota Dewan Manajemen dan Presiden Fresenius Kabi wilayah Asia Pasifik, menambahkan, melalui kerjasama ini pihaknya yakin mampu menghasilkan kemampuan manufaktur yang kuat untuk menyediakan produk yang berkualitas tinggi dan terjangkau bagi pasien dan profesional kesehatan di Indonesia. ”Kami optimis, perusahaan joint venture ini akan menjadi pemimpin pasar obat injeksi generik di Indonesia,” kata Thomas.

Mengingat kebutuhan produk kesehatan di Indonesia saat ini tumbuh dengan meyakinkan dan diperkirakan akan melaju cepat sehubungan dengan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional 2014. Sebagai hasilnya, hampir seluruh populasi di Indonesia yang berjumlah sekitar 245 juta akan memiliki perlindungan kesehatan modern pada tahun 2019 dengan perkiraan pasar farmasi yang akan berlipat ganda menjadi 1 Milyar Euro pada tahun 2018.

PT  EIF merupakan anak perusahaan SOHO Group yang memproduksi obat injeksi pertama di Indonesia sejak tahun 1946. Rencananya, perusahaan joint venture ini akan dikelola oleh manajemen yang merupakan gabungan antara SOHO Group dan Fresenius Kabi. Sedangkan Fresenius Kabi merupakan anak perusahaan dari Fresenius SE & Co. KGaA yang berkantor pusat di Bad Homburg, Jerman dan telah berdiri sejak 1462 dan mengoperasikan lebih dari 65 lokasi produksi dan memiliki kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)