Strategi Intraco Penta Ciptakan Sumber Daya Brilian

PT Intraco Penta resmi mendirikan Inta Institute, sebuah institusi pendidikan tinggi yang dibangun guna menunjang kualitas tenaga kerjanya. Pembangunan institusi yang menghabiskan dana senilai US$20 juta  ini berdiri di dalam kawasan yang sama dengan lokasi kantor Intraco Penta yang berlokasi di Cakung – Cilincing km 3.

“Kami melihat sumber daya manusia merupakan kunci sukses kemajuan sebuah perusahaan. Bagi kami perlu adanya sebuah institusi pendidikan yang dapat membawa mereka mengembangkan diri,” ujar Petrus Halim, CEO PT Intraco Penta.

Inta Institute akan dioperasikan dengan beberapa fasilitas antara lain 50 ruang kelas yang memiliki daya tampung hingga 200 orang, 3 ruangan multimedia, dormitory dengan kapasitas total 500 orang, research centre, serta tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. Adapun fokus pembelajarannya akan mengacu pada standar engineer dan pengembangan teknologi berskala internasional.

Intra Copenta

Lebih lanjut lagi, Petrus menambahkan bahwa pemenuhan kebutuhan edukasi, seperti penyediaan kelengakapan literature, komponen training, serta peralatan lapangan merupakan substansi sangat penting. Selain itu menurutnya, akan lebih efektif lagi jika dibarengi dengan melibatkan para staff tersebut berkiprah di kompetisi internasional, seperti yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, yakni Volvo exhibition yang dilangsungkan di Swedia.

Sementara itu, menurut Halex Halim, Presiden Komisioner PT Intraco Penta memaparkan konsep pendidikan Inta Institute juga merambah pada berbagai lini humanisme, seperti penanaman budi pekerti, dan leadership training. “Karena sumber daya yang unggul, tidak hanya dominan pada aspek teknikal saja, melainkan perlu adanya self development juga. Dengan demikian dapat memberikan hasil yang baik bagi skill managerial mereka, sehingga impactnya akan secara langsung dirasakan oleh perusahaan,” papar Halex, yang juga menekankan pentingnya penanaman business skill kepada para engineernya.

Dalam peresmian yang juga dihadiri Duta Besar Swedia untuk Indonesia ini Eva Polano, Intraco Penta optimis dapat menembus pasar penjualan alat berat berskala Internasional (yang dikemas dalam Volvo), meskipun tendensi pasar menunjukkan adanya penurunan aktivitas pertambangan di Indonesia, sehingga mempengaruhi penjualan Intra Copenta.

“Kami tidak melihat ini sebagai investasi yang saat ini juga dirasakan. Melainkan mempersiapkan sumber daya kompeten untuk menghadapi persaingan hingga dua puluh atau tiga puluh tahun ke depan nanti,” Jelas Fred Manibog, Direktur Keuangan PT Intraco Penta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)