Taspen Gandeng CIMB Niaga Untuk Bayar Pensiun

PT Taspen (Persero) melakukan kerja sama PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam hal pembayaran pensiun pegawai negeri sipil (PNS) yang berada di bawah kelolaan Taspen.

cimb niaga taspen

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro, mengatakan, dengan adanya kerja sama Taspen dan CIMB Niaga ini, para pensiunan diberikan tambahan alternatif pilihan untuk pengambilan uang pensiun sesuai dengan pilihan hati dan tempat tinggal. Para mitra bayar pensiun, yakni perbankan dan PT Pos Indonesia, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman kepada nasabah pensiunan. Dan CIMB Niaga diharapkan dapat memberikan pelayanan sesuai moto layanan Taspen, yaitu 5 T (tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat administrasi).

Bagi perbankan, lanjut Iqbal, tentunya persaingan pemberian kredit akan menguntungkan bagi para pensiunan. Dengan adanya persaingan, suku bunga pinjaman diharapkan bisa rendah.

Saat ini, Taspen memiliki 6,9 juta peserta dan pensiunan, di mana per Juli 2013, tercatat 2,4 juta penerima pensiun dengan jumlah pembayaran sekitar Rp 5 triliun per bulan. Pembayaran 2,4 juta pensiunan tersebut dilayani melalui 12.865 titik layanan dari delapan mitra kerja sebagai mitra bayar para pensiunan.

Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid, mengatakan, untuk pengambilan uang pensiun yang pertama melalui CIMB Niaga, para pensiunan cukup datang ke kantor cabang bank yang telah ditunjuk dengan membawa surat pengantar pensiun dari Taspen. Selanjutnya, petugas bank akan memberikan buku tabungan kepada mereka. Buku tabungan tersebut yang akan digunakan untuk mengambil uang pensiun setiap bulannya di kantor-kantor cabang CIMB Niaga yang telah ditunjuk.

“Para pensiunan dapat mengambil uang pensiun dengan tenang dan tak perlu khawatir, karena uang pensiun mereka secara langsung dan pasti ditransfer ke rekening mereka setiap bulannya,” kata Arwin, Kamis (28/11/2013).

Selain kemudahan untuk pencairan uang pensiun, CIMB Niaga juga menyediakan produk dan layanan perbankan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para pensiunan untuk menunjang aktivitas
perbankannya, diantaranya penggunaan Rekening Ponsel. Rekening Ponsel merupakan inovasi layanan perbankan dari CIMB Niaga yang memungkinkan nasabah melakukan sejumlah transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel, seperti transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, hingga menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, tanpa harus memiliki rekening bank.

“Jadi, contohnya, apabila para pensiunan ingin mentransfer uang ke kerabatnya di seluruh pelosok Tanah Air yang belum punya nomor rekening bank, mereka dapat mentransfernya ke nomor ponsel yang dituju dengan sumber dana yang tersedia di rekening pensiunan di CIMB Niaga. Sangat simple, mudah dan praktis,” jelas Arwin.

Menurut dia, penunjukan CIMB Niaga sebagai mitra bayar para pensiunan yang dikelola TASPEN, merupakan penghargaan sekaligus kepercayaan kepada CIMB Niaga. Dia juga menambahkan, sejak tahun 2005, CIMB Niaga telah bekerja sama dengan Posindo yang meliputi pemotongan uang pensiun bagi PNS dan TNI/POLRI dan dibayarkan kepada CIMB Niaga sebagai angsuran pinjaman PNS/TNI/POLRI yang mempunyai pinjaman pensiunan di CIMB Niaga. Pensiunan yang telah menjadi debitur di CIMB Niaga hingga September 2013 tercatat sebanyak 13.400 orang.

Di samping itu, sejak 2012 CIMB Niaga juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT ASABRI untuk menjadi mitra bayar bagi para pensiunan TNI/POLRI dan PNS Kemenham.

Arwin menambahkan, CIMB Niaga berharap kerja sama dengan Taspen ini dapat terus ditingkatkan, tidak terbatas pada layanan pembayaran pensiun, namun dapat berkembang ke sejumlah kerja sama lainnya, seperti pengelolaan dana, pemberian fasilitas kredit bagi para pensiunan, hingga penempatan dana Taspen di CIMB Niaga. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)