Tawarkan Layanan Cloud, XL Gandeng 6 Mitra

PT XL Axiata Tbk. (XL) telah mengikat kemitraan proyek pengembangan layanan komputasi awan (cloud computing) dengan 6 mitra bisnis. Mereka adalah Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. Penandatanganan kerjasama berlangsung di Jakarta, Kamis (8/3).

Melalui penandatangan MoU ini, XL siap untuk meluncurkan layanan cloud bagi masyarakat Indonesia. Layanan ini tidak terbatas kepada para pelanggan XL saja, melainkan juga terbuka bagi para pelaku bisnis dan konsumen yang belum menggunakan layanan XL. Peluncuran layanan cloud ini akan dilaksanakan Mei 2012.

Latar belakangnya penyelenggaraan layanan cloud ini merupakan salah satu bentuk keseriusan XLterhadap layanan data. Kami percaya bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di Indonesia. Salah satu peluang bisnis terhadap layanan data yang berkualitas terdapat di bisnis solusi komputasi awan. Masuknya XL pada bisnis komputasi awan ini menunjukkan bahwa XL terus melakukan inovasi bisnis baru, termasuk di data, untuk menyediakan layanan yang terbaik bagi Indonesia,“ jelas Dian Siswarini, Direktur Teknologi, Content & New Business XL.

Menurut Dian, mitra-mitra yang yang mengikat kerja sama dengan XL tersebut merupakan para pemimpin teknologi di bidang IT baik pada skala nasional maupun internasional. Teknologi komputasi awan yang mereka tawarkan merupakan teknologi yang telah memiliki tingkat kehandalan tinggi dan telah diterapkan di banyak negara. Bersama-sama dengan XL, yang memiliki kekuatan antara lain di sisi brand dan jumlah pelanggan yang ada, sinergi dengan semua mitra diharapkan dapat menangkap peluang di bisnis komputasi awan ini.

Selain itu, XL juga memandang para mitra bisnis tersebut memiliki visi yang sama dengan XL, yaitu ingin mengembangkan teknologi komputasi awan bagi Indonesia agar lebih maju. Edukasi tentang manfaat dari komputasi awan memang masih perlu dilakukan bagi masyarakat sehingga mereka akan lebih memahami manfaat dari solusi komputasi awan ini. Ketakutan bahwa data yang disimpan di solusi komputasi awan tidak aman misalnya masih sangat sering terdengar. Karena itu, melalui kolaborasi ini, XLbeserta mitra-mitra berkomitmen untuk membangun ekosistem komputasi awan di Indonesia.

XL beserta semua mitra juga akan menjalankan suatu program untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan solusi komputasi awan di Indonesia. Melalui kolaborasi, tantangan yang ada akan terasa lebih ringan dan hasilnya dipercaya akan lebih efektif.

Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech dan Mandawani akan memberikan support di bidang Infrastructure as a Services (IaaS). Layanan mereka nantinya akan dikembangkan ke arah Platform as a Services (PaaS) maupun Software as a Services (SaaS). Sedangkan Microsoft akan fokus ke layanan Software as a Services (SaaS).

IaaS meliputi penyediaan layanan IT infrastruktur secara terintegrasi. PaaS merupakan layanan di mana XL menyiapkan seperangkat piranti lunak beserta pendukungnya bagi para developers dan para programmer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka akan buat. Melalui internet, para pengembang ini dapat menciptakan aplikasi tanpa harus memikirkan platform yang harus disiapkan.

Sedangkan untuk layanan SaaS, pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi dan melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi. Layanan ini dapat dimanfaatkan langsung oleh pengguna yang melakukan pendaftaran dan akan disesuaikan dengan kebutuhan (on-demand). Umumnya, pengguna cukup membayar biaya sesuai dengan pemakaian saja. Layanan SaaS dapat juga dinikmati oleh masyarakat umum dan tidak terbatas hanya pada pelaku bisnis.

Leave a Reply

1 thought on “Tawarkan Layanan Cloud, XL Gandeng 6 Mitra”

lagi lagi XL berinovasi kembali semoga layanannya juga semakin baik
by cloud, 09 Mar 2012, 14:06

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)