Terbitkan Obligasi Rp20,8 Triliun, Pelindo II Fokus Kembangkan Pelabuhan

Pelindo II menerbitkan obligasi global senilai US$ 1,6 miliar atau setara dengan Rp20,8 triliun. Sebesar Rp12 triliun dari obligasi tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan beberapa pelabuhan. Senilai Rp8 triliun akan dikucurkan untuk penyelesaian Terminal Kalibaru dan sisanya dialirkan untuk pengembangan Pelabuhan Sorong, Kijing, Cirebon, dan Palembang.

Surat utang Rp12 triliun tersebut diperkirakan akan habis terpakai hingga kuartal pertama 2017.

“Kami akan gunakan obligasi tersebut untuk penyelesaian pembangunan Kalibaru dan pengembangan Pelabuhan Sorong, Kijing, Cirebon, dan Palembang. Total yang kami anggarkan untuk itu senilai Rp12 triliun. Saat ini, untuk penyelesaian New Priok (Kalibaru), kami sudah kucurkan Rp 4 triliun, tahun depan Rp2 trilun, dan kuartal pertama 2017 Rp2 triliun lagi. Kami perkiraan total obligasi itu akan habis di kuartal pertama 2017,” papar Orias, P. Moedak, Direktur Keuangan Pelindo II .

Obligasi gobal tersebut di didapatkan dalam dua pembagian seri. Seri pertama, penerbitan obligasi global senilai US$1,1 miliar dengan waktu 10 tahun dengan bunga 0,425% dan yield 4,375%. Seri kedua, bernilai US$ 500 juta dengan jangka waktu 30 tahun, dengan bunga 5,375% dan yield 5,5%. Dana ini sudah diterima 5 Mei 2015 dengan menunjuk tiga bank, yaitu ANZ, BNP Paribas, dan Citigroup serta dua sekuritas lokal, PT Bahana Securuties da PT Danareksa Sekuritas yang bertindak untuk menangani transaksi ini.

home_produk_layanan2

Pembelanjaan luar negeri ini diperoleh dari 245 investor, setelah melakukan roadshow di Hong Kong, Singapura, London, New York , Boston, dan Los Angeles. Untuk seri pertama, 36% investor berasal dari Amerika Serikat, 46% dari Asia, dan 18% Eropa. Untuk seri kedua, sebanyak 38% berasal dari Amerika Serikat, 46% dari Asia, dan 16% dari Eropa. Para profil investor private bank dan asset management.

Terkait dengan pembayaran bunga obligasi global ini, perseroan memiliki potensi pendapatan tetap yang berasal penyewaan mitra kerja dan pendapatan dari kapal asing. Pelindo II tahun lalu mendapatkan US$ 90 juta dari penyewaan mitra kerja dan US$ 120 juta dari pendapatan dari kapal asing. Sedangkan tahun ini, korporasi memperolah senilai US$ 176 dari penyewaan mitra kerja dan US$ 120 pendapatan dari kapal asing.

Pelindo II sendiri menganggarkan belanja modal Rp 6 triliun 2015. Kinerja kuartal Q1 perseroan ini memperolah ebitda senilai Rp850 miliar dengan laba Rp380 miliar. Korporasi menargetkan ebitda senilai Rp3,5 triliun, di mana tahun lalu dengan Ebitda Rp2,5 triliun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)