Tiga Anak Usaha Pelindo II Bidik Dana IPO Rp 6 Triliun

Tiga anak usaha Pelindo II bakal dilepas sahamnya sebesar 30%. Perseroan mengincar dana segar senilai Rp 6 triliun untuk menunjang ekspansi bisnis.

Untuk memuluskan rencana pengembangan usaha, PT Pelindo II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) akan melepas saham tiga anak usahanya ke publik. Perusahaan itu adalah PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) yang masing-masing bakal melepas 30% saham ke publik.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya, menjelaskan, perseroan menargetkan dana IPO (initial public offering) bagi ketiga anak usaha itu disenilai Rp 6 triliun. “Kami berharap IPO untuk Jasa Armada Indonesia bisa mencapai Rp 2 triliun, kemudian IKT sebesar Rp 1,5 triliun, dan PTP diharapkan mencapai Rp 2,5 triliun,” ungkap Elvyn di Bandung, Jawa, Barat, pada Selasa (24/10/2017).

Dana segar yang diperoleh dari IPO ini akan digunakan untuk investasi pengembangan usaha di ketiga anak perusahaan tersebut. “100% dana IPO dialokasikan untuk pengembangan usaha,” sebut Elvyn. Rencananya, JAI akan mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia pada Desember 2017. Kemudian, pelaksanaan IPO buat IKT diproyeksikan terlaksana pada semester I tahun 2018, disusul IPO bagi PTP di semester II tahun depan. Aksi korporasi ini diharapkan bisa memperkuat upaya Pelindo II mengepakkan sayap bisnisnya di masa mendatang.Bisnis JAI bergerak di bidang jasa kapal pandu tunda.

Guna memuluskan aksi korporasi JAI itu, Pelindo II akan menggelar road show ke Malaysia dan Singapura. “Dua pekan yang lalu, kami sudah mendaftarkan IPO JAI ke OJK. Mudah-mudahan pada pekan kedua November, kami sudah mendapatkan pernyataan pra efektif dari OJK,” tambah Direktur Keuangan Pelindo II, Iman Rachman. Menurutnya, JAI menggunakan laporan keuangan Juni 2017 untuk IPO ini. Iman menimpali perusahaanya melaksanakan IPO untuk IKT dan PTP itu bertahap hingga tahun 2018.

Lebih lanjut, Elvyn mengatakan mengatakan ekspansi usaha anak usaha merupakan salah satu dari empat target perusahaan yang hendak dicapai Pelindo II di tahun 2017. Target itu merujuk Peta Jalan Perusahaan yang antara lain meningkatkan kualitas operasi dan pelayanan pelabuhan, optimalisasi dan utilisasi sistem teknologi informasi untuk menunjang kegiatan operasional, pelayanan pelanggan dan pengambil keputusan di back office, menginisiasi pembangunan proyeks strategis, serta ekspansi wilayah kerja anak usaha dan pembentukan anak perusahaan baru guna mendukung bisnis inti perusahaan.(*)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)