Tingkatkan Ekspansi, Fonterra Bangun Pabrik Baru

Perusahaan susu asal Selandia Baru, Fonterra, berencana akan menambah investasinya di Indonesia dalam bentuk pembangunan pabrik pengolahan dan pengemasan. Pembangunan pabrik dimaksudkan untuk mendukung permintaan akan nutrisi susu yang terus meningkat, sekaligus ekspansi produk seperti Anlene, Anmum dan Anchor Boneeto.

Theo Spierings, Chief Executive Officer (CEO) Fonterra, mengatakan, pembangunan pabrik di Indonesia merupakan bagian dari strategi global perusahaan untuk lebih mempertajam fokus di kawasan ASEAN. Asia mengungguli pertumbuhan permintaan produk susu di dunia dan Indonesia memainkan peranan besar dalam permintaan tersebut.

Menurutnya, industri susu Selandia Baru telah menjalin kerja sama dengan Indonesia selama lebih dari 40 tahun dalam memasok produk susu. Permintaan susu Indonesia diprediksi akan tumbuh sekitar 50% dalam 8 tahun ke depan. Sedangkan permintaan susu global akan meningkat 100 miliar liter dan 60% pertumbuhan permintaan tersebut berasal dari Cina, India dan Indonesia.

Dengan prediksi pertumbuhan yang begitu pesat di Indonesia, kami ingin meningkatkan kemampuan pengolahan dan pengemasan kami di sini untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang bisnis kami,” ujar Spierings disela-sela kunjungan bisnis Perdana Menteri Selandia Baru ke Jakarta kemarin.

Dia mengaku, selama ini Fonterra melakukan pengolahan dan pengemasan produk di Selandia Baru atau melalui perusahaan pengemasan di Indonesia atau Asia, sebelum mendistribusikannya ke pasar Tanah Air. “Produk-produk Fonterra tersebut akan tetap menggunakan bahan baku asal Selandia Baru, sementara pabrik yang baru akan mendukung proses sekunder produksi dan membantu merespon kebutuhan pasar dengan cepat,” jelas Spierings yang enggan menyebutkan nilai investasi pembangunan pabrik tersebut.

Sementara itu, Yon Handoyo, Presiden Direktur PT Fonterra Brands Indonesia menuturkan, pihaknya saat ini masih mencari mitra untuk mendirikan pabrik tersebut."Saat ini kami sedang dalam tahap diskusi dengan beberapa calon mitra dan tengah mencari alternatif struktur kerjasama serta lokasi. Kami berharap pabrik baru sudah dapat beroperasi dalam waktu 18 bulan, yang akan mengadopsi praktik terbaik dari Fonterra dan mematuhi Standar Mutu danKualitas Fonterra,” tutur Yon. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)