Tingkatkan Likuiditas, MNC Sky Vision Fundraising Maksimal US$ 250 Juta

photo(1)

Perusahaan pimpinan Rudy Tanoesodibjo, PT MNC Sky Vision Tbk hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan beberapa agenda, salah satunya adalah meminta persetujuan rapat atas rencana perseroan untuk memperoleh pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya dengan nilai setinggi-tingginya US$ 250 juta.

MSKY tengah melakukan fundraising dalam bentuk pinjaman berjangka sindikasi dengan nilai fasilitas setinggi-tingginya sebesar US$250 juta. Fasilitas yang dijaminkan oleh anak-anak perusahaan perseroan yaitu Aerospace Satellite Corporatioan Holding BV dan Aerospace Sattelite Corporation BV dan PT Media Citra Indostar ini memiliki jangka waktu jatuh tempo 3 tahun, dengan tingkat bunga LIBOR +4.25% per tahun. Fasilitas ini rencananya akan digunakan untuk pelunasan awal obligasi US$165 juta yang diterbitkan oleh anak perusahaan MNC Sky Vision dan untuk tujuan belanja modal serta modal kerja.

“Dengan pembiayaan kembali ini, akan terjadi efisiensi dan memperkuat likuiditas perusahaan. Tujuan utamanya untuk penghematan US$10 juta dalam satu tahun. Ini sudah direncanakan,” ujar Effendi Budiman, PT MNC Sky Vision Tbk, dalam keterangan pers setelah RUPLSB.

Sementara itu, Handhi S. Kentjono, Wakil Direktur Utama MNC Sky Vision, menambahkan, “Dengan struktur pinjaman yang baru ini,  MNC Sky Vision dapat melakukan penghematan yang signifikan yang bisa kami gunakan untuk meningkatkan kinerja MSKY. Efisiensi biaya ini akan diinvestasikan kembali untuk Perseroan dengan mengakuisisi konten-konten bermutu yang akan menambah kepuasan pelanggan dalam menikmati layanan kami.”

Lebih lanjut, Effendi menyatakan refunding ini merupakan major funding yang tidak akan dilakukan lagi tahun depan karena berdasarkan proyeksi yang dilakukan, MSKY sudah cukup membiayai kebutuhan internal mereka, baik dari pinjaman yang sudah ada maupun tambahan dari sindikasi ini serta dari cash flow yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Effendi juga membeberkan rencana MSKY dalam menghadapi persaingan ke depan, Effendi mengungkapkan MSKY ke depan akan memperkuat channel dengan memberikan tayangan yang unik yang hanya ada di MSKY. “Kami percaya, tayangan eksklusif memiliki competitive advantage kepada MSKY. Berdasarkan survei AC Nielsen, channel eksklusif kami memiliki kinerja yang sangat baik. Selain itu, kami akan menambah pelayanan seperti video on demand, dan sebagainya yang belum bisa diungkapkan. Jika lancar, rencana akan diluncurkan tahun depan,” dia mengklaim. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)