Toshiba Investasi Rp 355 Miliar, Bangun Pabrik Mesin Cuci

Toshiba, elektronikPersaingan bisnis mesin cuci tabung akan kian sengit di Indonesia. Pasalnya, Toshiba yang sebelumnya mengimpor mesin cuci dari Thailand, mulai Desember nanti akan mulai memproduksi mesin cuci  tabung ganda (twin tab) di Indonesia. Pabrik baru yang berlokasi di East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang Selatan, Bekasi akan memproduksi mesin cuci tabung ganda. Bangunan 2 lantai yang menempati area seluas 18 ribu meter persegi, rencana akan dibuat 2 line produksi. Untuk tahap awal, perusahaan ini akan mengoperasikan 1 lini produksi dengan kapasitas sekitar 50 ribu unit/bulan. “Secara bertahap kami akan tingkatkan produksi dari 50 ribu unit/bulan menjadi 100 unit bila kedua line produksi dioperasikan,” kata Toshiro Ishiwatari  President Toshiba Home Appliances Corporation.

 

Menurut Toshiro, dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, potensi mesin cuci 2 tabung sangat besar. Paling tidak kebutuhan mesin cuci di Indonesia sekitar 3 juta unit, sedangkan di Asia Tenggara total permintaan mesin cuci 2 tabung mencapai 7 juta unit/tahun, berarti sekitar 40% pasar mesin cuci 2 tabung berada di Indonesia. “Dengan adanya pabrik baru, saya berharap bisa mengurangi cost dan menurunkan harga mesin cuci 2 tabung Toshiba. Bahkan tidak menutup kemungkinan mesin cuci produksi Indonesia akan dipasarkan ke Asia Tenggara,” ujar Toshiro.

 

Diakuinya, saat ini Toshiba hanya menguasai marketshare sekitar 3% dari total market mesin cuci di Indonesia. Dengan peningkatan permintaan rata-rata sekitar 20%/tahun di Indonesia, Toshiro optimis bisa memperbesar marketshare di tahun-tahun mendatang. Apalagi saat ini sekitar 70% yang diminati di Indonesia adalah emsin cuci tabung ganda (tin tab).

 

Selain mesin cuci, sejak tahun 1996 PT Toshiba Consumer Product Indonesia telah memproduksi sekitar 20 juta set TV. “Saya  ingin mesin cuci Toshiba akan sepopuler TV merek Toshiba di Indonesia. Ke depan, saya berharap Toshiba akan melakukan ekspansi lebih lanjut untuk memasukan produk-produk baru yang memungkinkan Toshiba untuk berkontribusi pada masa depan,” ujar Shinichi Ito, President Toshiba Consumer Product Indonesia. Karena Toshiba tidak hanya menjadikan pabrik baru ini sebagai basis untuk memproduksi produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat setempat, tapi juga memposisikan sebagai salah satu basis produksi global yang penting dan bisa disejajarkan dengan basis produksi di Thailand dan China dalam rangka memperkuat pasokan produk mesin cuci ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Jepang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)