Toshiba Lebih Fokus Produksi TV LED

Tahun ini PT Toshiba menargetkan penjualan 1,06 juta unit TV guna meraih 25% market share TV domestik. Untuk tahun 2011, perolehan pangsa pasar Toshiba sebesar 22% atau meningkat 100% dari sebelumnya tahun 2010 cuma 11% . Kenaikan itu dipicu oleh peluncuran seri Regza Power TV. Sementara itu, primadona TV tahun 2010 adalah LCD, baik dengan teknologi LED maupun CCFL backlight.

Sementara itu, untuk penjualan TV secara nasional pun dari tahun ke tahun meningkat. Tahun 2010 angka penjualan mencapai 852 ribu unit yang kemudian meningkat tajam pada tahun berikutnya menjadi 2,465 juta unit.

Untuk 2012, Toshiba akan lebih fokus lagi pada produksi TV LED. Total kapasitas produksi mencapai 5 juta unit tahun ini atau naik dari 2011 yaitu sebesar 3 juta unit. Untuk TV LED mencapai 70% dari total produksi TV. "Tahun depan kami 100% akan memproduksi TV dengan teknologi LED," ujar Jun Nishioka, Presiden Direktur PT Toshiba Visual Media Network Indonesia dalam acara kunjungan ke pabrik Toshiba di Cikarang Bekasi.

Toshiba fokus ke LED karena kebutuhan pasar saat ini cenderung menginginkan efisiensi. Memiliki TV dengan fitur hemat energi, desain lebih tipis, sejalan dengan konsep Eco Style-nya.

LED menghabiskan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan TV LCD CCFL dan TV tabung. Secara otomatis, TV LED mampu menghemat pengeluaran listrik rumah tangga.

Selain memenuhi kebutuhan konsumen, Toshiba juga mengedepankan konsep ramah lingkungan. "Produk-produk kami dihasilkan dari proses yang minim limbah berbahaya," ujar Ardi Nursalim, Section Manager, Innovation&Promotion Section, Factory Planning Departemen PT Toshiba Counsumer Products Indonesia.

Untuk mengembangkan usaha dan produk serta memudahkan jalur pendistribusian produknya di Indonesia, Toshiba mulai tahun 1995 mendirikan pabrik di Cikarang, Bekasi. Pabrik ini menghasilkan produk-produk ekspor ke beberapa negara seperti Asia (kecuali Cina dan Korea), Timur Tengah dan Oceania. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)